Cara mengurangi kebiasaan menggigit pada anak

0
137

Melihat anak bisa bermain dengan teman-temannya tentu sangat menyenangkan. Namun, kegiatan bermain akan terganggu karena kebiasaan dari anak kita yang suka tiba-tiba menggigit temannya.
Berikut adalah tips yang bisa dilakukan Cosmoners, tanpa harus memarahinya.

Berikan contoh
Berempati bisa kita terapkan untuk anak-anak yang suka menyakiti orang lain. Sambil mengajarkan apa itu empati, beri juga contohnya langsung kepada anak.

Katakan maaf dan tunjukkan rasa simpati kepada teman yang ia ‘sakiti’ guna memancing rasa empatinya. Dengan hal tersebut, Anda akan mengajarkan Si Kecil untuk mengakui kesalahannya dan tidak menyakiti orang lain ketika merasa kesal.

Tunjukkan Anda tidak menyukainya
Bagi beberapa anak, mengigit terasa menyenangkan apalagi ketika mereka sedang dalam fase tumbuh gigi. Jika ia ingin mengigit Anda atau temannya, langsung katakan ‘tidak’ dan beritahu bahwa Anda akan sedih dengan apa yang dilakukannya tersebut.

Bermain peran
Gunakan mainan kesayangan anak Anda sebagai perumpamaan. Ambil dua boneka kesayangan anak dan mainan, seakan-akan salah satu boneka menggigit boneka lain. Tunjukkan bahwa boneka tersebut sedih karena digigit dan jelaskan mengapa menyakiti orang lain adalah sikap yang buruk.

Dengan cara di atas semoga Cosmoners bisa menangani kebiasaaan buruk anak Anda dengan baik.

[text Juliani Chaerunissa / Motherandbaby.co.id | foto completehealthnews.com]

Cosmopolitan

SHARE