Ini kumpulan buku anak negeri yang mendunia

0
664

Tepat di hari ini, 17 Mei diperingati sebagai Hari Buku Nasional. Tapi sayangnya, menurut Kepala Pusat Jasa Perpustakaan dan Informasi Perpustakaan Nasional RI, Titik Kismiati, minat baca penduduk Indonesia masih rendah.

“Dalam kajian Perpustakaan Nasional [yang mencakup 75% wilayah Indonesia] di tahun 2015, minat baca masyarakat menunjukkan angka 25,1 atau kategori rendah,” ungkap Titik, yang dilansir Kompas.com.

Meskipun begitu I-Listeners, ternyata cukup banyak juga lho buku-buku Indonesia yang mendunia. Berikut beberapa di antaranya;

1. Harimau! Harimau!
Mochtar Lubis [1922-2004], merupakan seorang jurnalis dan pengarang kenamaan tanah air. Novel ini telah menerima ragam pujian dan mendapat penghargaan Buku Terbaik dari Departemen Pendidikan dan Budaya RI. Juga telah diterjemahkan dalam 3 bahasa asing.

Karyanya yang lain yang telah dialihbahasakan dalam bahasa Inggris adalah, Jalan Tak Ada Ujung atau A Road With No End, dan Senja di Jakarta menjadi Twilight in Jakarta.

2. Bumi Manusia
Karya sastrawan kenamaan Indonesia Pramoedya Ananta Toer [1925-2006] ini telah diterbitkan dalam 33 bahasa. Dalam bahasa Inggrisnya diberi judul This Earth of Mankind.

Secara total ia telah menghasilkan lebih dari 50 karya, dan buku-bukunya telah diterjemahkan ke dalam lebih dari 41 bahasa asing.

3. Ronggeng Dukuh Paruk
Sebuah karya Ahmad Tohari, sastrawan Indonesia yang lahir di Banyumas. Novelnya yang satu ini The Dancer of Paruk Village telah diterjemahkan ke dalam 5 bahasa.

Novel lainnya karya Ahmad Tohari yang telah diterjemahkan ke bahasa asing adalah, Kubah, yang dialihbahasakan dalam bahasa Jepang.

4. Pada Sebuah Kapal
On A Ship, judul novel ini dalam bahasa Inggris. Sebuah karya NH. Dini yang membuatnya semakin populer. Buku lainnya yang juga dialihbahasakan dalam bahasa Inggris adalah Keberangkatan atau Departures.

5. Habibie & Ainun
Sebuah buku yang ditulis oleh Bacharudin Jusuf Habibie, sebagai ungkapan mendalam atas kepergian istri tercintanya, Ainun. Novel ini telah terbit dalam 3 bahasa asing.

6. Laskar Pelangi
Novel karya Andrea Hirata ini tidak hanya laris manis di nusantara, tetapi juga dapat tanggapan positif di luar sana. Ditransformasi dalam judul The Rainbow Troops, novel ini telah dialihbahasakan ke dalam 20 bahasa asing, dan tersebar di 79 negara.

7. Supernova
Karya best seller nasional dari Dewi Lestari ini telah diterjemahkan dalam bahasa Inggris, dengan judul Supernova: The Knight, the Princess and the Falling Star.

8. Negeri 5 Menara
Sebuah karya Ahmad Fuadi, yang didasarkan atas kisah pribadinya. Buku ini telah mendunia dalam titel The Land of Five Towers.

9. Cantik Itu Luka
Eka Kurniawan adalah novelis pengarang buku ini. Cantik itu Luka atau dalam judul Beauty is a Wound┬átelah dialihbahasakan ke dalam 24 bahasa. Karena novel ini pula, ia meraih penghargaan sebagai World Reader’s Award 2016.

Selain itu, karya Eka Kurniawan lainnya yang juga mendunia adalah Lelaki Harimau, yang diterjemahkan dalam bahasa Inggris menjadi Man Tiger.

[teks @bartno / berbagai sumber | foto uglydogbooks.com]

IRadio FM

SHARE