Edwan Handoko sang koreografer Runway

0
257

Edwan Handoko merupakan salah satu koreografer di panggung runway. Berbeda dengan banyak koreografer yang Cosmoners ketahui, Papah Edwan begitu ia akrab disapa, memilih untuk menjadi seorang koreografer bagi para model.

Saat siaran Diary Dave di Pisa Kafe beberapa waktu lalu, Edwan pun menceritakan tentang awal mula ia berkarier sebagai koreografer pada Dave Hendrik. Nyatanya ia sudah menjalani karier sebagai koreografer selama 15 tahun.

Meskipun awalnya ia mengambil kuliah di bidang perhotelan, rasa cinta pada seni yang tinggi membuat ia ingin berkarier di dunia fashion. Ia mengungkapkan, “Kemampuan saya sebagai koreografer diasah sejak masih duduk di bangku sekolah. Saat itu saya memang aktif sebagai koreografer dance dan cheers,” ujarnya.

ChIOZ4jU8AAjTM_
Edi Bogel dan Noni Cilindra adalah dua orang yang berjasa dalam hidup Edwan Handoko.

Seorang wartawan senior Edi Bogel adalah seseorang yang sangat berjasa. Ialah yang mendorong Edwan untuk menjadi pengarah gaya foto. Tak hanya Edi saja yang berperan besar dalam hidupnya, Noni Cilirda pun mengajarkannya untuk mengatur blocking dalam suatu pagelaran busana di Fashion Café.

Edwan menjalankan profesinya di kafe tersebut sekitar 2 tahun hinnga sekarang ia disebut sebagai koreografer runway.

Edwan tidak mendapatkan pembelajaran secara mendalam di sekolah, namun ia perlahan memperlajari profesi tersebut secara otodidak. Apa yang didapat saat kuliah dan menjadi sales manager (sebelum menjadi koreografer) ia terapkan sampai sekarang.

Seperti profesi pada umumnya, ia pun memiliki satu tanggung jawab yang harus ia jalani. Dalam satu fashion show, ia harus bisa menyampaikan aspirasi atau keinginan dari designer dan brand-brand pakaian agar penonton atau masyarakat mau membeli pakaian tersebut.

ChIW313U0AE-TmS
Fashion show di e(X) dan Lawang Sewu adalah karya spektakuler yang pernah diciptakan Edwan.

Nyatanya banyak cerita di balik fashion show maupun modelnya. Tak jarang ia menemukan model yang susah diajak kerjasama. Hingga kini, banyak karya-karya Edwan yang tak luput dari ingatan, antara lain fashion show di sungai, di kapal yacht, dari atas gedung E(X), dan di Lawang Sewu.

Ingin tahu lebih lengkap perbincangan Dave Hendrik dan Edwan Handoko di Diary Dave, saksikan langsung videonya di Youtube CosmopolitanFM Jkt!

Dengarkan cerita inspiratif lainnya di Diary Dave, setiap Kamis, jam 19.00-20.00 WIB, hanya di 90.4 Cosmopolitan FM! Stay tuned, Cosmoners!

[text Juliani Chaerunissa | foto dok. 90.4 Cosmopolitan FM]

Sumber:

Cosmopolitan

SHARE