Manfaat kardio bagi tubuh

0
139

Kardio merupakan olahraga ringan yang mudah dilakukan. Seperti berlari, bersepeda, bahkan jalan kaki adalah latihan kardio.

Tidak hanya sekedar membakar kalori, kardio memberikan manfaat lain bagi tubuh kita. Brava Listeners, berikut manfaatnya:

1. Meningkatkan kesehatan jantung
Jantung seperti otot lainnya, supaya lebih kuat harus latihan. Ketika Anda melakukan kardio maka jantung Anda akan berdetak lebih kencang dari biasanya. Hal tersebut melatih jantung dan akhirnya membuat jantung lebih sehat.

2. Meningkatkan metabolisme
Seiring dengan berdetak cepatnya jantung karena kardio, maka secara otomatis metabolisme tubuh pun meningkat. Meningkatnya metabolisme juga bermanfaat bagi pengaturan berat badan Anda.

3. Meningkatkan hormon bahagia
Melalui olahraga hormon pemberi kebahagiaan seperti endorfin, serotonin, dan dopamin akan meningkat. Alhasil, tingkat stress pun menurun. Juga dengan olahraga akan melepaskan hormon penurun nafsu makan.

4. Meningkatkan daya pulih
Setelah latihan tingkat berat di gym, lalu melakukan kegiatan kardio setelahnya seperti jalan atau lari ringan, maka waktu untuk kembali bugar lebih cepat.

Hal tersebut karena meningkatknya kadar oksigen di darah yang mampu membuat otot meningkatkan daya pulih.

5. Mengatasi diabetes
Kardio juga bisa dilakukan bagi mereka yang terkena diabetes. Ketika penderita diabetes melakukan kardio maka mereka lebih dapat mengatur kadar gula dalam darahnya.

[teks onne / bodybuilding.com | foto maikwiedenbach.com]

Brava

SHARE