Nilai-nilai penting seorang pemimpin

0
169

Di Breakfast Club, bersama Novita Angie dan Lembu Wiworo Jati, Cosmopolitan Expert Alexander Sriewijono mengungkapkan sebuah penelitian yang sempat dilakukan di Indonesia saat talk show Cosmopolitan Career dengan tema “Why Woman Make Great Innovation Leader.” Jumlah CEO perempuan di Indonesia sangat sedikit. Hal tersebut bisa terjadi karena beberapa multi faktor yaitu, keluarga, norma, istri dengan penghasilan lebih dari suami, dan tugas-tugas di luar kota.

Ada dua karakter dalam diri seseorang entah itu lelaki atau perempuan. Pertama, Primary Characteristic merupakan gender dan kondisi fisik. Kedua, Secondary Characteristic merupakan nilai baik yang dibentuk atau diajarkan oleh orangtua. Dari kedua karakteristik tersebut Secondary Primary sangat berpengaruh dalam mejalankan peran. Banyak sekali nilai yang sering ditanamkan oleh orangtua Anda dulu, salah satunya adalah empati.

Kiran-bedi-000
Kiran Bedi menurunkan tingkat kriminalitas dengan empati.

Alex pun mengambil beberapa contoh. Salah satunya adalah Kiran Bedi yang merupakan Director General Bureau of Police Research and Development di India dan perempuan pertama yang memimpin Dewan Keamanan PBB.

Pada saat ia memimpin Dewan Keamanan tersebut, tingkat kriminal perempuan di India melonjak tinggi yaitu pencurian susu dan makanan bayi. Mengetahui hal tersebut, Kiran Bedi tetap menghukum perempuan-perempuan tersebut.

Namun ia tetap menunjukkan rasa empatinya dengan mendirikan bangunan di sebelah penjara dimana ditinggali oleh anak-anak dari perempuan yang melakukan perilaku kriminal tersebut. Bangunan tersebut dibangun agar mereka masih bisa mengurus anak-anaknya mengingat perempuan-perempuan tersebut masih memiliki bayi.

p37yunus_79090495_86935c
Muhammad Yunus membantu para petani membangun bank desa.

Selanjutnya ada Muhammad Yunus juga menunjukkan rasa empatinya dengan membangun Bank Desa agar para petani dapat kredit di Bank tersebut.

Melihat dua kasus di atas, terlihat bagaimana empati bisa berlaku pada keduanya, tidak memandang lelaki atau perempuan yang penting bisa memanfaatkannya.

Selain itu, menurut Alex, perempuan harus memiliki self-awareness, inclusiveness (mau mendengarkan pendapat dan mau bertanya), cultural and political (menghargai perbedaan dan kepentingan), serta mau menyampaikan visi dan misi kita.

Alex menambahkan, “Yang penting Cosmoners. Saat ini kita hidup di zaman yang sudah tidak membicarakan emasipasi, yang penting adalah self respect kalau kita mau diistimewakan orang lain,” tutupnya.

Ingin tahu obrolan Alex bersama Angie dan Lembu? Yuk klik video berikut ini!

Jangan lewatkan serunya talk show Cosmopolitan Career, bersama Cosmopolitan Expert Alexander Sriewijono dari Daily Meaning, setiap Kamis, pukul 7.00-8.00 WIB, hanya di Breakfast Club. Stay tuned!

[text Juliani Chaerunissa | foto successyeti.com]

Sumber:

Cosmopolitan

SHARE