Budi Purnomo, tentang bisnis Excecutive Lounge

0
128
Executive Lounge British Airways

Beberapa waktu lalu, Budi Purnomo CEO Taurus Gemilang Grup hadir di studio Brava. Dirinya menceritakan tentang usahanya yang bergerak di bidang excecutive lounge dalam program The Captain bersama Ferdi Hasan.

Budi Purnomo menjelaskan bahwa perusahaan ini telah berdiri selama 26 tahun. Bergerak di bidang excecutive lounge dan menjadi loyalty lounge, dan Taurus Gemilang Grup menjadi Pioneer bisnis di bidang tersebut. Sampai saat ini sudah ada 11 Lounge di 5 bandara Indonesia.

Selain itu, Taurus Gemilang juga bergerak dalam bidang F&B restaurant yang ditempatkan bersama 11 lounge. Sepanjang 26 tahun ini sudah ada 22 tempat F&B Restaurant yang bekerjasama dengannya.

Kunci sukses dari perusahaan ini adalah persaingan yang sehat. Ia mengaku bahwa dengan adanya saingan maka perusahaan akan terus berinovasi untuk memberikan nilai tambah yang lebih lagi.

Sementara untuk tantangan bagi perusahaannya, Budi mengaku bahwa akan adanya Open Sky yang bertaraf internasional menjadi tantangan sekaligus peluang baginya.

Peluang yang dilihat olehnya adalah, selama ini excecutive lounge di negara barat biasanya dikelola oleh pihak airlines. Baru di Asia, excecutive lounge dikelola oleh sebuah perusahaan. Hal ini dilihat sebagai peluang, karena perusahaannya bisa melihat pesaing dan fasilitas untuk mengembangkan diri mereka.

Sebagai usaha keluarga yang sebelumnya dikelola oleh sang ibu, Budi Purnomo menjelaskan bahwa selama 7 tahun terakhir sudah begitu banyak inovasi yang dilakukan. Salah satunya adalah ide untuk memasukan brand masakan lokal dalam usaha F&B yang dikelola.

Budi Purnomo
Budi Purnomo

Saat ini perusahaannya sedang mencari partner brand lokal, khususnya yang usahanya sudah stabil dalam kota. Inovasi bekerjasama dengan beberapa brand lokal untuk Food and Beverages ini dikarenakan karakter serta kebutuhan setiap orang yang berbeda.

Budi Purnomo juga sedang melirik bandara internasional mana yang bisa dimasuki oleh bisnisnya ini. Hal tersebut termasuk dalam rencana jangka panjangnya. Ia mengatakan bahwa mulai tertarik dengan bandara internasional khususnya di Asia.

Seperti biasa, Budi Purnomo juga menjelaskan definisi bisnis dalam 3 kata, yakni “Blue Ocean Business“.

Tetap dengarkan The Captain untuk cerita inspiratif dari para tokoh pimpinan Indonesia setiap hari Kamis jam 9-10 pagi di 103.8 FM Brava Radio.

[teks Onne | foto graven.co.uk]

Sumber:

Brava

SHARE