Cerita Karimun Jawa bersama backpacker Indonesia di Masih Pagi-Pagi

0
387
Crystal clear waters and colourful coral reefs around the small island of Pulau Tengah, located within the Marine National Park of Karimunjawa or Karimun Jawa, which translates as a stone's throw from Java.

I-Listeners, dalam program Masih Pagi-Pagi bersama Sandy Andarusman dan Ayumi Astriani pada segmen I-Radio Keliling beberapa waktu lalu, kedatangan tamu seorang backpacker Indonesia yaitu, Luki Agung Zakaria, yang berdomisili di Jakarta.

Dibuka dengan canda tawa Sandy dan Ayumi, perbincangan tentang wisata kali ini, akan membahas Karimun Jawa.

Bagi Luki, rekomendasi untuk menuju ke sana diawali dengan menggunakan bus, karena bagi backpacker ini mudah, nyaman, dan harga yang terjangkau tentunya.

Jika naik bus dari Jakarta, I-Listeners bisa lewat Grogol atau Lebak Bulus, dengan lama waktu perjalanan sekitar 12 jam sampai Jepara.

Dari Jakarta, Anda bisa berangkat pada jam sore agar bisa mendapatkan kapal di pelabuhan Kartini pagi harinya untuk menyeberang ke Karimun Jawa. Kapal yang digunakan untuk nyebrang ada dua macam yaitu kapal feri cepat dan kapal feri biasa.

Kapal feri cepat biasanya seharga Rp. 170 ribu dengan jarak waktu kisaran 2 jam saja, jika menggunakan kapal feri biasa kisaran Rp. 90 ribu. Di Karimun Jawa sendiri, IListeners diperbolehkan membawa mobil atau motor karena kapal bisa mengangkut kendaraan bermotor.

Di Karimun Jawa ada banyak pilihan spot-spot yang keren, salah satunya di tempat daratan ada bukit Joko Tuo, di tempat ini bisa melihat view Karimun Jawa secara luas dan sangat keren tentunya dengan jarak tracking kisaran 20 menit. Di sana Anda juga bisa melihat fosil ikan raksasa.

Selain pemandangannya yang indah, Karimun Jawa juga terjaga kebersihannya, karena semua orang di sana sangat menjaga lingkungannya, dan terumbu karang.

Karimun Jawa tidak bisa dipungkiri keindahannya, ada sekitar 6-7 pulau yang bisa Anda singgahi. Cukup dengan range waktu 3 hari 2 malam, Anda sudah cukup untuk menikmati pulau ini. Masalah tempat istirahat tak perlu khawatir, di sana sudah ada hotel-hotel dan resort, atau homestay.

Jika I-Listeners mau lebih puas menikmati Karimun Jawa, Luki merekomendasikan untuk menambah dua hari lagi, karena lebih puas dan bisa lebih dalam menikmati pulau ini secara keseluruhan.

Untuk yang suka snorkling, Karimun Jawa memiliki tempat-tempat yang keren, mulai untuk yang pemula dan yang sudah profesional, tempat yang disarankan Luki ada pulau Tanjung Gelam, dan pulau Cemara.

Cicipi juga kuliner yang khas di Karimun Jawa. Luki menyarankan untuk mencicipi cumi bakarnya yang dilumuri saus ulekan, rasanya sangat menggiurkan.

Yuk terus dengerin progam Masih Pagi-Pagi untuk dapatkan inspirasi, di setiap Senin – Jumat jam 9.00-10.00 WIB, hanya di I-Radio 89.6 FM Jakarta.

[teks Riza Fahlefi | foto raveloista.com]

Sumber:

IRadio FM

SHARE