Di Hari Lahir Pancasila, Presiden Jokowi ajak bersama wujudkan nilai Pancasila

0
380
foto: defence.pk

Sebagai warga negara Indonesia, memiliki Pancasila sebagai dasar negara merupakan sebuah anugerah besar. Di dalamnya terkandung nilai-nilai yang ada di bumi Indonesia, sebagai pedoman dalam kehidupan bernegara.

Pancasila yang terdiri dari dua kata Sanskerta yaitu Panca yang berarti lima dan Sila yang berarti prinsip, azas, atau dasar, lahir pada 1 Juni 1945.

Penetapan hari lahir Pancasila itu berdasarkan atas pidato Presiden Soekarno pada 1 Juni 1945, yang dikenal dengan judul “Lahirnya Pancasila”.

Pada saat itu Presiden Soekarno menyampaikan, “Sekarang banyaknya prinsip: kebangsaan, internasionalisme, mufakat, kesejahteraan, dan ketuhanan, lima bilangannya. Namanya bukan Panca Dharma, tetapi saya namakan ini dengan petunjuk seorang teman kita ahli bahasa – namanya ialah Pancasila. Sila artinya azas atau dasar, dan di atas kelima dasar itulah kita mendirikan negara Indonesia, kekal dan abadi.”

Kemudian dibentuklah Panitia Kecil untuk merumuskan kembali Pancasila. Dan seperti yang kita tahu sekarang, berikut 5 sila dalam Pancasila:

foto: sistempemerintahannegaraindonesia.blogspot.co.id
foto: sistempemerintahannegaraindonesia.blogspot.co.id

Pada hari lahir Pancasila ini, Presiden RI Joko Widodo mengajak untuk terus memperjuangkan nilai-nilai Pancasila yang digagas proklamator kemerdekaan RI, Soekarno.

Dalam pidatonya di hari ini Presiden Jokowi menyampaikan, “Tanpa perjuangan, pesan dalam Pancasila tak akan menjelma jadi realitas. Saya mengajak rakyat bersatu padu dan bergotong royong mewujudkan cita-cita itu.” Dilansir dari laman Presiden RI.

Mari G-readers, kita bersama wujudkan dan terapkan nilai-nilai Pancasila dalam keseharian. Selamat Hari Lahir Pancasila!

[teks @bartno | foto ist]

SHARE