Tips atasi kantuk saat berpuasa

0
210

Tips atasi kantukRasa mengantuk saat puasa sering kali terjadi pada kita. Buat para pekerja yang puasa, rasa kantuk ini sering datang saat jam kantor.

Penyebabnya, menurut Dr. Ram Choudhary dari India yang dilansir dari healthcaremagic.com, karena berkurangnya asupan energi dalam sistem tubuh kita, dan tubuh memprioritaskan cadangan energi kepada organ yang vital seperti, jantung, hati, otak, dan ginjal.

Nah, dalam kondisi puasa, tubuh memposisikan diri dalam keadaan waspada untuk menghemat energi untuk proses organ-organ vital tersebut. Hal ini membuat tubuh merasa lelah dan mengantuk, supaya energi tidak terbuang dengan percuma.

Lalu bagaimana cara yang baik untuk mengatasi kantuk ketika di kantor saat puasa? Berikut tipsnya, yang dilansir dari berbagai sumber.

1. Atur pernapasan
Tarik nafas panjang, dan hembuskan pelan-pelan. Lakukan ini secara perlahan terus menerus selama 5 menit. Hal ini dapat membantu meningkatkan aliran darah ke otak dan seluruh tubuh, sehingga menjadi lebih segar.

2. Tertawa
Bercandalah dengan teman Anda, atau cari video lucu di YouTube. Tertawa dapat mengembalikan lagi gairah Anda.

3. Wangi-wangian
Aroma yang menyegarkan dapat membuat rasa kantuk berkurang. Seperti aroma mint atau citrus.

4. Game
Bermainlah, lakukan permainan yang ringan, seperti memainkan permainan yang ada di gadget. Hal ini untuk melatih kembali fokus Anda.

5. Wudhu
Berwudhu dapat menghilangkan kantuk. Membasuh air ke wajah, dan bagian tubuh lainnya, membuat tubuh merasa lebih segar.

[teks Riza Fahlefi | foto herbalmulia.com]

Sumber:

IRadio FM

SHARE