Intip tips tetap segar di bulan Puasa dari Dr. Rizal Al Idrus

0
339
foto: yegfitness.ca
foto: yegfitness.ca
foto: yegfitness.ca

Bulan Ramadhan tahun ini bertepatan dengan musim panas di Indonesia. Sehingga membuat sebagian kita yang berpuasa jadi kurang bersemangat dan cepat lemas.

Menurut Dr. Rizal Al Idrus yang ditemui di salah satu restoran di bilangan Menteng, Jakarta Pusat, beberapa waktu lalu, dalam acara peluncuran produk-produk kesehatan asal Taiwan dari Taiwan Excellence, menurutnya, masih banyak mitos dan fakta mengenai puasa yang beredar di masyarakat, yang sebenarnya belum tentu baik untuk dilakukan, atau justru sangat dianjurkan untuk melakukannya.

Salah satu contohnya adalah bagaimana masyarakat memanfaatkan bulan puasa untuk diet, sehingga mereka cenderung mengurangi porsi makan saat berbuka puasa. Padahal menurut Dr. Rizal, itu sangat tidak dianjurkan.

Dr. Rizal menambahkan, ketika sahur, kita juga cenderung kurang minum, dan makan lebih sedikit karena mengantuk. Kalaupun memang kita tidak memiliki waktu yang banyak untuk menyantap sahur, pastikan kita mengonsumsi serat yang cukup seperti makan buah dan sayuran. Jangan biarkan perut kita kosong saat sahur. Karena itu berarti perut kita akan kosong hingga lebih dari 12 jam kedepan.

Dr. Rizal Al Idrus | foto: Della Hermawan
Dr. Rizal Al Idrus | foto: Della Hermawan

Buat kamu yang menderita maag atau yang memiliki produksi asam lambung tinggi, Dr.Rizal menyarankan untuk mengonsumsi makanan dalam porsi sedikit, namun sering. Dan disarankan untuk minum air hangat sebelum makan makanan yang berpotensi memproduksi asam lambung tinggi.

Tentang jumlah konsumsi air yang tepat bagi tubuh, Dr. Rizal juga punya cara menentukannya. Klik halaman 2 untuk jawabannya.

1
2
SHARE