Solusi baru untuk mencegah kecelakaan akibat masalah listrik

0
197

Masalah KelistrikanMenurut data dari Dinas Penanggualangan Kebakaran dan Penyelamatan DKI Jakarta, tahun lalu sebanyak 52 kasus kebakaran terjadi di DKI Jakarta saat musim mudik Lebaran (9-17 Juli 2015), dan penyebabnya didominasi oleh hubungan pendek arus listrik.

Selain itu, ancaman sengatan listrik dari problem kelistrikan juga perlu diwaspadai, karena ketika kita tersengat listrik dengan tegangan 220V maka tubuh kita akan dialiri arus sekitar 220 mA. Arus sebesar itu, jika mengaliri tubuh kita bahkan selama 0,2 detik saja, sudah membahayakan nyawa.

Lalu bagaimana cara mencegahnya?

Schneider sebagai brand produk kelistrikan yang sudah berlabel SNI, memperkenalkan salah satu solusi mengenai masalah kelistrikan dengan menciptakan Residual Current Circuit Breaker with Over Current Protection (RCBO).

RCBO adalah perangkat listrik yang menggabungkan fungsi Mini Circuit Breaker (MCB) dan Earth Leakage Circuit Breaker (ELCB), sehingga seluruh penghuni rumah dapat terlindung dari bahaya hubungan arus pendek dan beban lebih (overload), sekaligus ancaman sengatan listrik akibat arus bocor.

Frankco Nasarino selaku Product Marketing Partner Retail Business Schneider Electric Indonesia menjelaskan, “Selain berfungsi untuk memutus arus listrik secara otomatis apabila terjadi hubungan arus pendek karena beban arus berlebih, RCBO juga berfungsi untuk memutus arus listrik saat terdeteksi adanya kebocoran arus listrik ke tanah.ā€

ā€œSelain lebih praktis, harga RCBO juga terhitung lebih murah dibandingkan dengan harga MCB ditambah ELCB. Bentuknya juga lebih tipis daripada ELCB sehingga dapat menghemat ruang di dalam boks MCB,ā€ tambah Frankco.

G-readers, dapat mendapatkan RCBO dengan harga mulai dari IDR 245 ribu.

[teks @bartno | foto blog.txu.com]

SHARE