Komodo dan pesona alam di Labuan Bajo

0
469

Labuan-Bajo-1Tahun 2016, Labuan Bajo masuk 10 Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) yang ditetapkan pemerintah. Terletak di ujung paling Barat pulau Flores, tempat ini sering dijadikan sebagai pelabuhan singgah kapal-kapal. Pelabuhan cantik ini juga menjadi pintu masuk ke kawasan Taman Nasional Komodo dan pulau-pulau cantik lainnya di sekitar Flores.Tahun 2016, Labuan Bajo masuk 10 Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) yang ditetapkan pemerintah.

Berpaling dari hiruk pikuk ibu kota, Labuan Bajo memberikan pesona bahari yang menyejukkan mata. Brava Listeners juga dapat menyaksikan momen terbenamnya matahari.

Labuan Bajo dikaruniai pantai yang mempesona, bersih, dan pasirnya putih. Para turis mancanegara biasa menikmati teriknya sinar matahari dengan melakukan tanning di pinggir pantai.

Labuan Bajo juga menjadi surga untuk diving dan snorkling. Pantainya yang masih alami memiliki pesona bawah laut yang luar biasa. Perairan yang jernih dengan banyaknya terumbu karang dan ikan-ikan membuat Anda jatuh cinta akan pesonanya. Jika Anda hobi diving dan snorkling, Anda dapat mengunjungi Pulau Kanawa dan Pulau Kukusan Kecil di Labuan Bajo yang memang menjadi destinasi favorit para traveler.

Labuan Bajo -2Jika Anda ingin berkeliling menikmati pesona alam Labuan Bajo, Anda dapat menggunakan bemo atau taksi motor, tetapi hanya sampai Pukul 21.00. Jika Anda ingin berkeliling pulau, Anda dapat menggunakan perahu motor yang disewakan oleh pengelola setempat.

Ke Pulau Flores belum lengkap jika tidak menggunjungi Taman Nasional Komodo. Di sini merupakan satu-satunya tempat Anda dapat melihat komodo. Sebanyak 2.500 ekor komodo ada di sini. Saat ini, komodo sudah menjadi binatang langka yang hampir punah. Karena itulah, Taman Nasional Komodo dinyatakan sebagai a World Heritage Site dan Man and Biosphere Reserve oleh UNESCO tahun 1986.

Di sini Anda dapat menikmati pesona padang rumput savana sebagai habitat para komodo, hutan hujan, pantai berpasir putih, batu karang, dan pantai yang airnya jernih. Tidak hanya komodo, Anda juga dapat menemukan kuda, banteng liar, rusa, babi hutan jantan, ular, kera, dan berbagai jenis burung.

Taman Nasional Komodo memiliki biota bawah laut yang mempesona, bahkan tempat ini menjadi salah satu tempat menyelam terbaik di dunia. Memliki 385 spesies karang yang mempesona, hutan mangrove, dan rumput laut sebagai rumah bagi ribuan spesies ikan, 70 jenis bunga karang, 10 jenis lumba-lumba, 6 macam paus, penyu hijau, dan berbagai jenis hiu dan ikan pari. Sungguh pesona yang tidak dapat dilupakan.

Labuan Bajo -3Banyaknya wisatawan yang berlibur ke Flores dan Komodo, membuat Labuan Bajo memiliki beberapa hotel atau resort berbintang yang siap memanjakan waktu liburan Anda. Beberapa di antaranya adalah Luwansa Beach Resort dan Komodo Resort and Diving Club. Anda juga dapat mencoba pengalaman baru dengan cruising menggunakan kapal pesiar termewah se-Asia di Pulau Komodo. Selamat berlibur Brava Listeners!

[teks Sekar | foto Ist]

Sumber:

Brava

 

SHARE