Pentingnya minum susu saat puasa

0
362

minum susuTubuh terasa lemas dan mudah lelah saat puasa memang bisa dimaklumi, karena kurangnya asupan nutrisi dalam tubuh.

Namun hal tersebut bisa disiasati dengan menu dan kegiatan yang tepat saat puasa. Seperti olahraga misalnya yang diubah waktunya 30-60 menit sebelum berbuka, dan mengonsumsi makanan dan minuman yang bernutrisi.

Dalam acara buka puasa bersama Greenfields yang mengusung tema “Tetap Fit Setelah Ramadhan”, ahli gizi Emilia Achamdi, MS, RD, menyampaikan, tentang pentingnya mengonsumsi susu saat puasa:

“Susu menjadi bagian dari pola makan dan gaya hidup sehat. Segelas susu segar di saat sahur memberikan asupan protein yang membantu meningkatkan tenaga dalam satu hari, dan membuat perut terasa kenyang lebih lama. Kemudian, segelas susu coklat hangat juga menjadi salah satu cara berbuka yang ideal.”

Pakar nutrisi Emilia menjelaskan lebih rinci mengenai kandungan susu yang bermanfaat bagi tubuh untuk mendukung gaya hidup sehat.

1. Yodium dan seng pada susu dapat meningkatkan performa otak.
2. Potasiumnya [sering disebut sebagai kalium] dapat menjauhkan dari penyakit darah tinggi dan jantung.
3. Tyrosine, yang berfungsi untuk pembentukan hormon kegembiraan dan membuat tidur lebih nyenyak.

Team Greenfields dan Ahli Gizi, Emelia Achmadi
Ahli gizi Emilia Achmadi [tengah] bersama team Greenfields
Sarannya dalam memilih susu adalah, pilih yang fresh atau yang paling sedikit ada campur tangan manusianya. Seperti susu yang hanya melalui proses pasteurisasi, dan biasanya susu seperti ini daya tahannya hanya 30-40 hari saja.

Kalo alergi susu apa yang harus dilakukan?

Ahli gizi Emilia menjawab, “Alergi susu yang dikarenakan kandungan laktosa dalam susu, dapat disiasati dengan, makanan alternatif susu, seperti keju, atau yoghurt.”

“Tetapi, bila alergi karena kandungan protein dalam susu, ini terpaksa mencari bahan makanan lain yang memiliki kandungan seperti susu,” jelas Emilia.

Makanan pengganti susu itu contohnya seperti, ikan salmon, brokoli, bayam, telur, susu kedelai, atau kacang almond.

[teks @bartno | foto ist]

SHARE