Pesona wisata Bangka Belitung dari kuliner hingga keindahan alamnya

0
522
Pulau Lengkuas dari atas mercusuar
Pulau Lengkuas dari atas mercusuar
Pulau Lengkuas dari atas mercusuar

Dahulu cerita tentang keindahannya masih samar-samar terdengar. Begitu hadir kisah (buku dan film) Laskar Pelangi, Bangka Belitung menjadi objek wisata favorit baru, terutama bagi penggemar wisata air dan diver.

Sesuai dengan namanya, Pulau Bangka dan Pulau Belitung menjadi pulau utama dalam Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, yang terdiri lebih dari 470 buah pulau, tapi baru 50-nya saja yang ditempati.

Banyaknya pulau tersebut, menempatkan Bangka Belitung sebagai tempat wisata yang memiliki beragam spot diving menarik, deretan pantai indah mempesona, aneka pilihan makanan, dan wisata kota tempo dulu.

Pantai dan lokasi diving
Umumnya, pantai-pantai di Bangka Belitung memiliki pasir lembut, pesisir pantai landai, air jernih, kumpulan batu granit yang mempesona, dan spot-spot diving yang indah.

Sebagai contoh, Pantai Tanjung Kelayang yang memiliki jejeran batu granit, di beberapa sisinya. Setiap sisi, memiliki keindahannya sendiri. Seolah berada di zaman purba.

snorkeling1
Snorkeling di Pulau Lengkuas

Bergeser sedikit ke Pulau Lengkuas, Anda dapat snorkeling dan diving melihat kapal Indomarine yang tenggelam pada tahun 1990. Cukup menyelam hingga kedalaman 19 meter, Anda akan menemukan bangkai kapal berterumbu karang yang kini menjadi tempat tinggal ikan-ikan cantik.

Kota
Pangkal Pinang sebagai ibukota provinsi menjadi jalur masuk Anda menjelajahi Bangka Belitung. Langkahkan kaki ke Kampung China yang menjadi bagian sejarah industri timah. Sebelum jauh melangkah, kunjungi Pantai Pasir Padi yang hanya berjarak 7 km dari pusat kota.

Saat air surut, nikmati pula pesona Pulau Punan yang menawan. Tak jauh dari Pantai Pasir Padi, sekitar 2,5 kilometer, Brava Listeners akan menemukan Pantai Tanjung Bunga yang tak kalah menarik.

Desa
Nikmati indahnya suasana tradisional desa wisata yang sudah diresmikan pada tahun 2000, Desa Gendong di Kelurahan Kuto Panji, Kecamatan Belinyu, Kabupaten Bangka.

Desa Gedong adalah perkampungan China tertua di Bangka yang telah berdiri sejak abad ke-18. Di sini Anda bisa menemukan bangunan-bangunan yang berarsitektur China dengan penduduknya yang ramah. Rasakan juga suasana film-film yang berlatarkan desa pecinan.

Kuliner
Ada banyak pilihan kuliner yang bisa Anda temui di Bangka Belitung. Kunjungi Acau Martabak untuk merasakan martabak asli yang lezat. Penggemar kopi wajib bertandang ke Kecamatan Manggar untuk mengunjungi satu dari ribuan warung kopi yang tersebar di berbagai sudut daerah ini. Salah satu yang paling legendaris adalah Warung Kopi dan Roti Panggang Tung Tau. Berdiri sejak 1938, warung ini buka 24 jam dan menyuguhkan berbagai sajian khas Bangka.

Selain itu, cicipi juga kuliner khas lainnya seperti Mie Koba, Sup Lempah kuning, Lampek Durian, Getas (kerupuk ikan), Kemplang, Kue Binge, Lakse, Empek-Empek, Kue Bludar, Otak-Otak, dan Cempedak Goreng.

danau kaolin1
Danau Kaolin

Danau
Danau Kaolin, terletak di Jalan Murai, Tanjung Pandan, Belitung. Biasanya Kaolin (semacam tanah liat dan bewarna putih) ditambang untuk dijadikan kertas, keramik, porselin, pasta gigi, kosmetik, logam, hingga karet.

Danau Kaolin terbentuk dari bekas galian kaolin yang sudah terbengkalai puluhan tahun, lalu kemudian terisi air secara alami sehingga menghasilkan warna biru jernih pada airnya, yang disekelilingi daratan putih seperti salju, seolah berada di wilayah Eropa. Sehingga membuat danau ini sering dijadikan objek fotografi.

Museum
Tentu Anda sudah menyaksikan film “Laskar Pelangi”? Museum Kata Andrea Hirata adalah salah satu museum yang wajib Anda kunjungi setelah datang ke Bangka Belitung. Bentuknya seperti replika sekolah SD Muhammadiyah Gantung. Museum ini merupakan museum sastra pertama dan satu-satunya di Indonesia. Terletak di Jalan Laskar Pelangi No.7, Gantung, Belitung Timur.

Kunjungi juga Museum Timah Indonesia di Pangkal Pinang untuk mengetahui sejarah industri pertambangan timah di Indonesia.

Tempat menginap
Untuk masalah tempat menginap, Brava Listeners tak perlu khawatir, pilihannya cukup banyak. Berikut deretan hotel premium di Belitung: Grand Hatika Hotel, Billiton Hotel & Klub, dan BW Suite Belitung.

Jika Anda ingin menginap di pulau Bangka, ini dia tempat menginap ternyamannya: Novotel Bangka Hotel & Convention Centre, Soll Marina Hotel and Conference Center Bangka, Tanjung Pesona Beach Resort & Spa, dan Menumbing Heritage Hotel.

Selamat bersenang-senang di Bangka Belitung Brava Listeners.

[teks @bartno | foto Sekar Ayu]

Sumber:

Brava