Tips aman berkendara saat mudik

0
344

Membawa kendaraan sendiri memang menjadi pilihan yang pas untuk melakukan mudik Lebaran. Namun I-Listeners harus memperhatikan banyak hal ketika memutuskan untuk membawa kendaraan pribadi.

Supaya meminimalkan risiko, selain selalu menggunakan sabuk pengaman, coba juga perhatikan tips aman berkendara saat mudik berikut ini.

Tips mudik1. Cek hal teknis
Ketika Anda menyiapkan kendaraan pastikan setiap hal teknis pada kendaraan Anda berjalan dengan baik. Periksa tekanan dan kondisi ban, oli, mesin, shockbreaker, dan jangan lupa untuk membawa ban cadangan.

2. Periksa perlengkapan kendaraan
Pastikan dongkrak, obeng, tang, kunci pas, segitiga hazard, juga sudah ada di dalam mobil. Jadi bila ada masalah bisa segera diperbaiki.

3. Catat nomor telepon penting
Pastikan bahwa baterai telepon genggam terisi penuh, dan siapkan baterai cadangan atau powerbank untuk daya tambahan. Lalu masukan nomor-nomor penting, seperti derek resmi, bengkel 24 jam, polisi, layanan gratis mudik, dsb.

4. Bawa kotak P3K
Kotak pertolongan pertama ini menjadi hal yang penting dan jangan sampai tidak terbawa saat Anda melakukan perjalan jauh.

Isilah kotak P3K Anda dengan obat-obatan ringan seperti obat anti mabuk, obat luka, perban, minyak kayu putih, dan obat-obatan lain yang menurut Anda perlu.

5. Gunakan jaring pengikat barang
Bila barang-barang bawaan diletakan pada bagian jok belakang yang ditidurkan, pastikan ada jaring penutup barang-barang tersebut. Supaya, jika terjadi rem mendadak, barang-barang tidak berterbangan menimpa penumpang.

6. Hiburan
Ketika terkena macet saat menuju ke tempat tujuan, siapkan hiburan agar tidak membosankan. Seperti, pilihan lagu favorit, buku, atau main game kesukaan.

Bagi yang membawa anak, jangan sampai ketinggalan mainan kesayangan si kecil. Ini bisa membuat anak menjadi tidak rewel saat berkendara.

Selain persiapan kendaraan yang harus prima. Kondisi tubuh pengemudi juga harus terjaga supaya tetap waspada. Seperti, berhenti sejenak ketika lelah. Nah, untuk tips bagi pengemudinya, I-Listeners bisa melihat di artikel ini, Supaya tetap bugar dan waspada saat berkendara mudik.

[teks onne / berbagai sumber | foto defensivedriver4less.com]

IRadio FM

SHARE