Arthur Kiong dan pandangannya tentang dunia properti dan perhotelan di Asia

0
199

Arthur KiongThe Captain beberapa waktu lalu menghadirkan Arthur Kiong yang akan berbagi mengenai dunia perhotelan Asia. Bersama Ferdy Hasan, ia akan membagikan apa itu good business hanya di The Captain.

Sebagai CEO Far East Hospitality, Arthur Kiong menjelaskan bahwa perusahaan ini sudah ada sejak 50 tahun lalu. Didirikan oleh Ng Tong Feng, Far East Hospitality terus berkembang di dunia properti dan perhotelan. Bahkan perusahaan ini menjadi yang terbesar di Singapura. Arthur juga menjelaskan bahwa Far East Hospitality sudah berada di 8 negara dengan penghasilan mencapai USD 45 juta.

Meski memiliki beragam hotel di berbagai negara, namun Far East Hospitality berfokus pada hotel di Singapura, Australia, dan Jerman. Konsep hotel di 3 negara ini berbeda-beda. Arthur menjelaskan bahwa setiap hotel memiliki konsep yang disesuaikan dengan tipe-tipe pengunjung dan kebutuhan pengunjung yang berbeda pula. Menggunakan demographic dan phsycographic yang menurutnya bisa menarik pengunjung untuk menikmati hotel tersebut.

Menanggapi krisis ekonomi global, ia mengatakan bahwa semua bisnis mengahadapi hal yang sama. Untuk perhotelan, masalahnya terletak pada over supply khususnya dalam hotel. Asia merupakan tempat yang luas untuk melakukan travelling dan hotel dengan cepatnya mengalami pertumbuhan.

Tantangan bagi Arthur adalah melayani tamu hotel dengan kamar yang lebih baik dan sesuai dengan keinginan mereka. Bahkan menyediakan hal yang mereka tidak bayangkan. Ia juga mengatakan bahwa inovasi dan teknologi sangat dibutuhkan untuk kemajuan hotel dan kepuasaan para tamu.

Far East Hospitality kini mendirikan sebuah hotel baru yaitu OASIA di Kuala Lumpur, Malaysia. Mengusung tema “suites” , Arthur menjelaskan mengenai OASIA yang didirikan bagi mereka para business traveller. OASIA mulai berjalan sejak 18 April

Lokasinya tepat di Golden Triangle Kuala Lumpur, sehingga sangat strategis bagi para pelaku bisnis. Selain itu setiap kamarnya didesain seperti rumah, lengkap dengan dapur dan lainnya. Bahkan bagi mereka yang tidak sempat berolahraga dapat melakukannya dalam kamar mereka, karena disediakannya yoga matt dalam setiap kamar. OASIA juga memiliki gedung yang sangat memukau dan natural.

Setelah menjelaskan mengenai OASIA, Arthur berbagi mengenai kepemimpinannya. Ia mengatakan bahwa sebagai pemimpin yang baik sebelumnya harus menjadi pengikut yang baik. Karena hal itu ia lakukan dan banyak pelajaran yang didapatkannya selama menjadi pengikut yang baik.

Untuk menjadi pemimpin yang baik, seseorang harus mampu melihat dirinya sendiri secara objektif. Mampu melihat kekurangan pada dirinya dan mengakuinya. Selain itu seorang pemimpin yang baik harus memiiki kepekaan terhadap orang yang berbicara dengannya.

Ditanya mengenai definisi bisnis dalam 3 kata, Arthur mengatakan “business with grace”.

Terus dengarkan The Captain bersama Ferdy Hasan, setiap hari kamis jam 9 pagi di 103.8 FM Brava Radio.

[teks onne | foto businesstimes.com.sg]

Sumber:

Brava

SHARE