Berbagai inovasi Federal Lubricants yang dilakukan Patrick Adhiatmadja

0
391
Patrick Adhiatmadja

Memasuki minggu kedua di bulan Mei, The Captain kedatangan Patrick Adhiatmadja. Bersama Ferdy Hasan, CEO Federal Lubricants ini akan menceritakan inovasi apa yang dibuatnya bagi perusahaan.

Patrick Adhiatmadja
Patrick Adhiatmadja

Perusahaan yang sudah ada sejak tahun 1988 ini, kini menghadirkan inovasi baru. Patrick mengatakan bahwa sejak dahulu, Federal Lubricants hanya memproduksi oli untuk motor. Namun kali ini Federal menghadirkan oli untuk mobil.

Patrick mengatakan, perusahaan melihat bahwa pasar untuk oli mobil mulai tercipta. Selain itu Federal mampu menciptakan produk yang cocok untuk kondisi kendaraan Indonesia yang memiliki temperatur ekstrim.

“Persaingan yang ada sangat ketat, terutama oli after market,” ungkap Patrick. Ia menjelaskan bahwa Federal selama ini adalah oil genuine khususnya untuk motor. Namun pada 2011 Federal mulai bermain di oil after market.

Selama 4 tahun kepemimpinannya di Federal Lubricants, Patrick mengaku tantangan terbesar adalah menjalani proses transformasi di Federal. Transformasi dari genuine oil ke after market dan diakuinya sangat berbeda. Perubahan ini juga mengakibatkan struktur organisasi yang ikut berubah dan pendekatan pasar juga mengalami perubahan.

Selama perubahan ini Patrick belajar banyak mulai mendengarkan pasar, banyak melakukan survey bahkan mempelajari konsumen untuk mengembangkan produksinya. Menurut ia, perubahan organisasi dan semua sistemnya adalah pengalaman yang luar biasa.

Semenjak 4 tahun menjabat sebagai CEO Federal Lubricants dan melalui setiap tantangan bersama timnya, ia menarik 3 pilar utama dalam usahanya. Pertama yaitu produk yang berkualitas. Tanpa produk yang apik dan berkualitas maka konsumen secara otomatis meninggalkan. Kedua adalah inovasi dan kreatif, yaitu berhubungan dengan menghasilkan produk berkualitas. Ketiga adalah branding marketing.

Inovasi dalam branding marketing yang dilakukan oleh Patrick dan tim adalah membuat iklan TV dalam rangka brand awareness, yaitu oli federal untuk mobil. Dalam iklan ini tidak hanya menampilkan produk, namun terselip kuis yang menarik. Dan melalui kuis ini ia menjelaskan bahwa pihak perusahaan dapat berkomunikasi secara langsung terhadap konsumen dan memiliki imbas yang baik bagi perusahaan. Menurutnya setiap ide kreatif bisa menjadi kunci kompetitor perusahaan.

Mengenai kepemimpinannya, Patrick mengingatkan sebagai pemimpin bisa memonitor secara langsung dan memperhatikan setiap detail yang ada. Kemudian sebagai pemimpin diusahakan untuk bisa menjaga antusiasme dalam perusahaan. Karena ketika antusiasme itu tetap terjaga maka eksekusi dalam produk pun menjadi baik.

Akhir kata Patrick mendefinisikan bisnis dalam 3 kata yaitu People, Passion, Execution.

Untuk kisah-kisah inspiratif dari para pimpinan, Anda dapat mendengarkannya di The Captain setiap hari kamis jam 9 pagi hanya di 103.8 FM Brava Radio.

[teks onne | foto bisnis.com]

Sumber:

Brava

SHARE