Waktu olahraga minimal untuk menurunkan berat badan dan tetap sehat

0
1055

waktu olahraga yang sehatUntuk menurunkan berat badan dan menjaga tubuh tetap bugar seringkali orang-orang menghabiskan waktu mereka untuk berolahraga. Mereka dapat menghabiskan waktu berjam-jam untuk ini.

Kenyataannya, demi menurunkan berat badan, Anda tidak perlu menghabiskan banyak waktu dalam melakukan olahraga.

Dikutip dari dailymail.co.uk [14/7], olahraga yang sangat bermanfaat dalam menurunkan berat badan adalah olahraga dalam waktu yang singkat namun rutin.

Studi terakhir dari Dr Thijs Ejivogels dan Dr Paul Thompson yang telah dipublikasikan di Journal of the American Medical Association [JAMA] beberapa waktu lalu, membandingkan beragam variasi olahraga sedang seperti bersepeda dan berjalan cepat serta olahraga berat yang menghabiskan tenaga seperti berlari, dengan penyakit jantung dan risiko kematian akibatnya.

Hasilnya adalah mereka menemukan waktu minimum berolahraga yang memiliki efek sangat baik untuk kesehatan, yakni selama 15 menit perhari atau 105 menit per minggu dengan melakukan tipe olahraga yang sedang. Atau 5 menit perhari untuk olahraga bertipe tinggi seperti lari.

Jenis olahraga sedang dapat meningkatkan denyut jantung dan membuat nafas Anda lebih cepat sehingga terasa hangat. Satu hal yang mengindikasikan Anda berolahraga tipe sedang adalah, Anda masih bisa berbicara tetapi tidak dapat menyanyikan suatu lirik.

Doktor Eijsvogels dan Thompson menekankan, berolahraga adalah kunci untuk sehat, tapi juga menyarankan agar jangan berlebihan berolahraga.

Para peneliti ini juga mengutip hasil penelitian di Denmark yang menyatakan bahwa, meningkatkan waktu latihan tidak menambah keuntungan kesehatan, seperti melakukan 240 menit olahraga per minggu.

Ternyata untuk menjaga tubuh tetap fit tidak perlu waktu yang lama untuk berolahraga ya Brava Listeners.

[teks onne | foto runnersworld.com]

Brava

SHARE