Ini dia hasil survei tentang arus mudik Lebaran tahun ini

0
1105
Ilustrasi [foto: babatpost.com]

Sebuah survei tentang peranan Polisi khususnya Korps Lalu Lintas dalam kebisingan aktifitas mudik/balik selama lebaran menjadi menarik, karena secara makro, keberadaan pemerintah selalu diidentikkan dengan keberadaan Polisi di Jalan raya dalam melaksanakan tugasnya.

Dan Hal tersebut yang kemudian mendorong INPITCH (Indonesia Network for Public Service Watch) dan Berdikari Institut untuk melakukan sebuah Survey dalam rangka mengukur bagaimana persepsi dan pengalaman masyarakat, terutama mereka para pengguna jalan terhadap layanan para petugas kepolisian selama lebaran.

Ada Enam indikator yang diukur dalam Survey Pelayanan Polisi selama Arus Mudik dan Balik Lebaran 2016. Enam indikator ini adalah (1) keberadaan, (2) Keramahan, (3) Kedisiplinan, (4) Kemampuan, (5) Sinergitas dan (6) Kejelasan Informasi.

Dengan menggunakan IKM (Indeks Kepuasan Masyarakat), maka indeks penilaian akan berada pada rentang 0 s/d 5 dimana nilai (0) untuk pelayanan yang buruk dan (5) untuk pelayanan yang sangat baik.

Survey dilakukan dengan metode Kuisioner Random Sampling, yang tersebar di 16 (enam belas) titik kemacetan sepanjang Jalur Mudik dan Balik di Pulau Jawa, mulai dari Pelabuhan Merak, hingga Jawa Timur.

Penetapan 16 (enam belas) titik dilakukan melakukan riset dan FGD intensif antara INPITCH, BERDIKARI INSTITUT, KORLANTAS-POLRI dan menyandingkan data-data existing selama 5 (lima) tahun terakhir yang diperoleh dari media, dokumen-dokumen laporan operasi ketupat POLRI dan data-data yang tersebar di Internet. Dengan memasang margin error 2.2%, maka diharapkan survey ini mempunyai validitas yang tinggi guna mendiskripsikan penilaian masyarakat atas kinerja aparatur kepolisian.

1
2
SHARE