iRadio namu bersama Sandiaga Uno, tentang karir dan politiknya

0
852

Beberapa waktu lalu penyiar Tommy Prabowo mendapat tugas khusus dalam program iRadio Namu, kali ini tim iRadio berkunjung ke kantor pengusaha Indonesia, Sandiaga Uno.

Dalam wawancara tersebut terungkap bahwa Sandiaga Uno yang biasa dipanggil Sandi Uno sangat aktif dan hobi berolahraga mulai dari lari, karate dan basket. Dan kabarnya beliau akan menyalonkan sebagai gubernur DKI Jakarta pada 2017 nanti.

Di perbincangan ini Sandiaga Uno bercerita tentang karirnya sebagai pengusaha dan keterlibatannya di politik.

Mimpi jadi pengusaha sudah ada sejak masa sekolahnya. Dari prestasi dan keberhasilan yang sudah didapatnya, ternyata pengusaha berdarah Gorontalo ini juga mengalami jatuh bangun dalam melakukan usaha.

Basic sebagai pengusaha tidak ada dalam keluarganya. Orangtua Sandi Uno, Bapaknya adalah karyawan di perusahaan minyak dan ibunya seorang guru. Beliau sendiri pernah di PHK pada tahun 1997.

“Mimpi saya sih pada suatu saat ingin menjadi pimpinan di suatu perusahaan atau bank di mana saya berkarya,” ujar Sandi Uno yang sekarang telah mewujudkan mimpinya.

Pada akhirnya beliau memulai usaha. Usaha pertama beliau adalah Recapital Grup, perusahaan konsultan keuangan. Perusahaan itu awalnya sangat kecil, ia merintis karir bersama temannya, yaitu mas Rosan Roeslani yang sekarang menjadi Ketua Umum Kadin.

“Memulai usaha ini dengan memberi pelayanan konsultasi keuangan pada pengusaha-pengusaha yang krisis pada waktu itu, pada awalnya sangat sulit, jatuh-bangun susah mendapatkan klien,” lanjut Sandi Uno.

Berjalannya waktu, hampir 20 tahun Recapital Grup bersama satu anak perusahaan lagi yang beliau dirikan pada tahun 1998 yaitu, Saratoga Investama, sekarang menjadi dua perusahaan papan atas untuk administrasi dan keuangan yang kini memiliki karyawan lebih dari 50 ribu.

Bapak tiga anak ini, sangat profesional ketika mulai terjun politik seperti sekarang. Beliau mengundurkan diri dari dunia usaha yang sudah dijalani sejak tahun 1997, dengan alasan tidak ingin mencampur adukan keseriusan politik dan usaha. Awalnya terjun ke politik diawali dengan sebuah niat.

“Niatnya itu apa sih, kalau saya ikhlas ingin membawa Jakarta untuk lebih baik dan sejahtera kedepannya. Khususnya untuk kelas menengah ke bawah yang belum disentuh,” ujar Sandiaga Uno.

Ketersediaan lapangan pekerjaan di Jakarta, menjadi salah satu visi dan misi, Sandiaga Uno.

“Jakarta itu semakin tidak ramah untuk mencari kerja. sebetulnya ekonomi kita kan nggak jelek-jelek amat tapi susah mencari pekerjaan. Kuncinya tentunya adalah kita mempersiapkan kewirausahaan dan yang kedua adalah menstabilkan harga-harga bahan pokok,” lanjut Sandiaga Uno.

Perjalanan dari pengusaha lalu sekarang terjun di politik; awalnya sudah mendapatkan tawaran pada tahun 2010, 2012 dan 2015 ini. Pada tahun 2010 beliau lebih memilih fokus di usaha dulu dan 2012 belum mendapat restu keluarga. Memulai tekadnya untuk menjadi calon Gubernur, pada tahun 2015 ini karena tawaran dari Pak Prabowo.

Demikian kisah Sandiaga Uno tentang karir dan politiknya. Terus dengarkan dan dapatkan inspirasi menarik dari tokoh-tokoh publik lainnya dalam acara iRadio Namu berikutnya ya.

[teks Riza Fahlefi | foto @sandiuno]

Sumber:

IRadio FM

SHARE