Wujudkan Jakarta bersih dengan komunitas Osoji Club

0
770

Farah Tubagus dan Rudy Rusli berbincang seputar kegiatan Osoji Club di Brava Community, beberapa waktu lalu [28/6]. Komunitas yang sudah berdiri sejak 4 tahun lalu ini akan membagikan kisahnya mengenai kegiatan apa saja yang sudah mereka lakukan.

Osoji Club merupakan sebuah komunitas bersih-bersih. Semua anggotanya merupakan relawan yang akan bersih-bersih di seputaran Gelora Bung Karno.

Dengan selalu membawa spanduk “malu buang sampah sembarangan”, komunitas ini mengajak masyarakat untuk selalu menjaga kebersihan.

Founder dari Osoji Club, Tsuyoshi Ashida mengakui bahwa dirinya dan beberapa ekspatriat Jepang yang berada di Jakarta sangat prihatin dengan kebersihan kota ini.

“Kurang lebih 20 tahunan tinggal di Jakarta dan saya rutin berolahraga di GBK. Dan ternyata banyak sampah yang berserakan di situ. Dari situ saya mulai menulis artikel yang isinya menghimbau masyarakat untuk lebih peduli dengan lingkungan dan mengajak mereka untuk bergabung,” ujar Ashida

Komunitas ini merasa belum cukup efektif dalam memengaruhi masyarakat untuk selalu peduli dengan lingkungan. Karena tujuan komunitas ini tidak sekadar untuk membersihkan sampah tetapi juga memberitahu bahwa seperti ini cara untuk membersihkan sampah.

Komunitas ini juga bekerja sama dengan Japan Foundation, sebuah lembaga yang ikut membantu kegiatan Jepang-Indonesia khususnya Osoji Club.

Lembaga ini membantu biaya transportasi untuk Osoji Club selama berada di Jepang. Karena sebelumnya beberapa anggota Osoji Club pergi ke Jepang untuk melihat bagaimana “osoji” di sana.

Ada beberapa kendala yang dialami oleh komunitas ini. Mereka cukup kesulitan dalam membagi waktu, dikarenakan semua anggotanya memiliki pekerjaan sendiri-sendiri. Tetapi setiap kegiatan rutin yang dilakukan, para anggota dapat hadir.

Kegiatan rutin mereka dilakukan dua minggu sekali setiap Minggu jam 8 pagi di Ring Road Gelora Bung Karno.

Selain kegiatan rutin, Osoji Club memiliki kegiatan lainnya, seperti perlombaan bersih-bersih dan memberikan sosialisasi ke sekolah-sekolah.

Kepedulian masyarakat tentang kebersihan mulai meningkat, hal ini ditunjukkan dengan semakin banyak mereka yang tergabung dengan Osoji Club dan rajin mengikuti kegiatan komunitas.

Untuk cerita unik dari Brava Community lainnya, dapatĀ Brava Listeners dengarkan setiap Rabu 7-8 PM.

[teks onne | foto osojiclub]

Sumber:

Brava

SHARE