Bedah plastik? Di Indonesia saja

0
646

Mei lalu, Perhimpunan Dokter Spesialis Bedah Plastik Rekonstruksi dan Estetik Indonesia (PERAPI), kembali menggelar Pertemuan Ilmiah Tahunan (PIT) ke-20 atau The 20th Annual Scientific Meeting Indonesian Association of Plastic Reconstructive and Aesthetic Surgeons (InaPRAS) di Makassar.

Acara itu dihadiri oleh sekitar 300 orang peserta yang terdiri dari dokter bedah plastik Indonesia yang bernaung di bawah PERAPI, dokter umum, dan dokter spesialis lainnya dari seluruh Indonesia.

Menurut ketua PERAPI Pusat, dr. Budiman, SpBP-RE(K), MARS, “Sebagai lembaga resmi yang manaungi profesi bedah plastik di Indonesia, PERAPI selalu berupaya meningkatkan kompetensi dokter bedah plastik di Indonesia. Hal ini kami lakukan untuk meningkatkan dan menyetarakan kualitas dan kompetensi dokter bedah plastik di tanah air dengan dunia internasional,” terangnya dalam presscon, di Hotel Borobudur, Jakarta [2/8].

Melalui Pertemuan Ilmiah Tahunan ini, para dokter bedah plastik di tanah air saling berbagi pengetahuan, keahlian, dan pengalaman demi meningkatkan pelayanan kepada masyarakat yang membutuhkan layanan bedah plastik.

Lantas, apakah perlu sampai ke luar negeri untuk menjalani tindakan bedah plastik? Ternyata di Indonesia sendiri, keamanan serta kualitas sudah selevel dengan negara lain asalkan ditangani oleh dokter bedah plastik yang sudah terdaftar dan mendapatkan izin praktek.

“Kualitas, kompetensi, dan keamanan bedah plastik di Indonesia setara dengan luar negeri, sehingga hampir semua kebutuhan bedah plastik, baik estetik maupun rekonstruksi, dapat dilakukan di tanah air tanpa perlu ke luar negeri. Tentunya dengan catatan, harus dijalankan oleh dokter spesialis bedah plastik yang memiliki izin praktek dan bersertifikat”, ujar dr. Budiman, SpBP-RE(K), MARS.

Pilihan untuk melakukan bedah plastik di negeri sendiri ini didukung pula dengan teknologi dan ketersediaan alat di Indonesia yang up-to-date.

Bagi G-readers yang ingin melakukan bedah plastik, simak 3 poin berikut agar kita semakin yakin dan tidak menjadi korban malpraktek.

1. Jangan mudah percaya pada teknologi baru yang belum jelas. Jangan mudah terbuai oleh iklan

2. Cek nama dokter untuk mengetahui status praktek dan bidang spesialisasinya melalui wesite cekdokter.com juga di kki.go.id

3· Mulai lah percaya pada dokter-dokter di Indonesia. Meski jumlah dokter bedah plastik di Indonesia hanya 174 orang, namun kompetensi, dan kualitas sudah setaraf internasional.

[teks @uliafr | foto qmedicine.co.in]

SHARE