Baca buku bisa memperpanjang umur. Masa sih?

0
761

Anak Trax mungkin banyak dari kalian yang jarang banget baca buku, secara sekarang udah beralih ke ranah digital. Tapi, setelah membaca ini, pasti banyak dari kalian yang mulai mau baca buku lagi.

Menurut penelitian, membaca buku dapat memperpanjang umur kita loh!

Penelitian ini menggunakan data dari 3.635 orang berumur di atas 50 tahun yang telah berpartisipasi dan menjawab pertanyaan tentang membaca.

Pada penelitian ini terbagi tiga kelompok yaitu, mereka yang tidak membaca buku sama sekali, mereka yang membaca buku-buku selama tiga setengah jam seminggu,
dan mereka yang membaca buku lebih dari tiga setengah jam seminggu.

Dan penelitian ini membuktikan kalau orang yang membaca buku memiliki umur dua tahun lebih panjang dibandingkan orang yang tidak membaca buku.

Di mana, orang yang membaca buku setidaknya tiga setengah jam dalam seminggu dapat memperpanjang umur sekitar 17 persen, sedangkan orang yang membaca buku lebih dari itu akan memperpanjang umur sekitar 23 persen.

Dilansir dari nytimes.com, Becca R. Levy, Profesor Epidemiologi di Yale mengatakan,

Orang yang membaca buku setidaknya setengah jam dalam sehari, memiliki kemampuan bertahan hidup yang lebih dibandingkan orang yang tidak pernah membaca sama sekali. Namun, hal ini tetap disesuaikan dengan tingkat sosial, pendidikan, kemampuan kognitif, dan aspek lainnya dari masing-masing individu.

Penelitian ini juga berlaku untuk orang yang suka membaca koran, namun pengaruhnya tidak sebesar seperti orang yang membaca buku.

So, Anak Trax, yang mau panjang umur, yuuk banyak-banyak baca buku! Apalagi kalo baca bukunya sama gebetan, makin betah makin panjang umurnya! hehe

Radio Anak Muda_reading
Baca bukunya sama gebetan biar betah!

[teks Dimas Muchli / sumber nytimes.com | foto entrepreneur.com]

Trax FM

SHARE