Mari dukung Gerakan Indonesia Lawan Diabetes

0
1088
(Ki-ka) Dr. Lily Sriwahyuni Sulistyowati, MM selaku Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular, Kementrian Kesehatan RI, - Prof. DR.Dr Nila Djuwita F. Moeloek SpM (K) selaku Menteri Kesehatan RI, dan Irawati Setiady selaku Presiden Direktur PT Kalbe Farma Tbk.

Diabetes dalam data Riskesdas 2007 dan 2013, menunjukkan adanya peningkatan prevalensi dari 5,7% menjadi 6,9% atau sekitar 9,1 juta jiwa.

Mengacu pada data tersebut, jika Indonesia tidak melakukan intervensi, diperkirakan pada tahun 2040, penyandang diabetes akan mencapai 16,2 juta jiwa.

Diabetes sendiri saat ini sudah menjadi penyakit pembunuh nomor 3 di Indonesia (6,7%), merujuk pada data Sample Registration Survey (SRS) 2014. Diabetes melebihi penyakit menular seperti Tuberkulosis, Malaria, dan Diare.

Karena itulah, Kementerian Kesehatan bermitra dengan PT Kalbe Farma Tbk, menggalang “Gerakan Indonesia Lawan Diabetes.” Kampanye ini diluncurkan, Sabtu, 13 Agustus, di Hotel Pullman, Jakarta.

Bentuk kegiatan yang akan dilakukan Kemenkes dan Kalbe ini adalah:
1. Seminar edukasi diabetes kepada masyarakat awam di 43 kota.
2. Seminar edukasi tenaga medis yang diadakan di 5 kota besar.
3. Mengajak masyarakat berpartisipasi dalam 50.000 aksi #IndonesiaLawanDiabetes.

Nantinya seluruh aksi #IndonesiaLawanDiabetes yang terkumpul dalam www.indonesialawandiabetes.com, hingga World Diabetes Day November 2016, akan dikonversi menjadi bentuk dukungan berupa cek darah, dan pangan nutrisi untuk didonasikan kepada layanan kesehatan pada berbagai wilayah di Indonesia yang memiliki prevalensi diabetes tinggi.

Selain itu, dari pihak Kalbe sendiri meluncurkan aplikasi digital “Diabetes Solution Center”. Aplikasi ini memiliki 4 fitur, yaitu:

1. Diabetes Diary, untuk melakukan monitoring kadar gula darah yang dilengkapi fitur pengingat dan alarm.
2. Ask the Expert, konsultasi online dengan ahli diabetes.
3. Tips and Information, seputar diabetes.
4. Delivery Services, untuk kenyamanan berbelanja yang lebih praktis dengan layanan antar 1×24 jam, serta menerima manfaat sebagai anggota Kalbe Family.

Aplikasi “Diabetes Solution Center” sudah bisa didapat di play store.

Mari yuk G-readers, kita dukung “Gerakan Indonesia Lawan Diabetes” ini!

[teks @bartno | foto Ist]

SHARE