Kreator LOOKISM dan EGGNOID ramaikan POPCON ASIA 2016

0
1072
Park TaeJun dan Archie the RedCat

Park TaeJun, kreator LOOKISM (webtoon nomor satu di Korea) dan Archie the RedCat, kreator EGGNOID (webtoon nomor satu di Indonesia) turut meramaikan suasana POPCON ASIA 2016.

Tepatnya pada 12 Agustus kemarin di area panggung utama, sehingga dipenuhi penggemar LOOKISM dan EGGNOID yang ingin melihat langsung pencipta komik favorit mereka.

“Saya selalu suka untuk menggambar imajinasi saya sejak masih kecil, dan kemudian saya menemukan platform LINE WEBTOON. Tidak hanya memainkan peran penting dalam bagaimana remaja dan millennial Korea membaca komik saat ini, LINE Webtoon juga memudahkan masyarakat mengambil bagian. Lalu saya memutuskan untuk membuat webtoon berdasarkan pengalaman saya di SMA,” kata Park TaeJun dalam acara LINE Webtoon X Popcon Asia 2016, Senayan, Jakarta [12/8].

LOOKISM memang mengisahkan seorang pelajar SMA bernama Park Hyung Suk, yang di-bully oleh teman sekolahnya karena kondisi fisiknya yang tidak menarik.

“Saya sangat gembira dan senang dapat bertemu dengan penggemar saya pada acara POPCON ASIA 2016 di Indonesia, dan saya sangat bangga bahwa karya saya bisa dinikmati oleh pembaca mancanegara,” sambung TaeJun.

Archie the RedCat adalah kreator EGGNOID, webtoon nomor satu di Indonesia. Karirnya sebagai webtoonist dimulai saat dia memenangkan juara dua di Webtoon Challenge pada tahun 2015. EGGNOID menceritakan kisah tentang gadis bernama Kirana yang suatu hari mendapatkan sebuah telur raksasa.

“Saya senang dan bangga bisa berbagi pengalaman di POPCON ASIA 2016 dan saya harap industri komik di Indonesia dapat berkembang lebih besar lagi. Bagi saya, LINE Webtoon Indonesia telah mendukung penuh talenta lokal, dan saya harap hal ini dapat senantiasa mengembangkan industri komik di Indonesia,” kata Archie dalam acara yang sama.

LINE WEBTOON secara perlahan memang telah mengubah cara membaca komik dalam beberapa dekade terakhir, dan hingga kini telah dinikmati lebih dari 35 juta pengguna aktif bulanan di seluruh dunia.

Hal ini juga disampaikan Kim JunKoo, pencetus Webtoon yang juga turut menghadiri ajang tahunan pelaku industri kreatif itu.

“Pada tahun 2004, industri komik di Korea menghadapi masa yang sulit. Dan kemudian saya memiliki visi untuk menciptakan platform bagi pecinta komik dan di saat yang bersamaan memberi dukungan kepada para kreatornya dan menghubungkan mereka dengan para pembaca di seluruh dunia. Saat ini, LINE Webtoon mengubah lanskap industri komik digital, dengan memberi kemudahan dan aksesibilitas bagi para pembaca dan membuka kesempatan serta senantiasa memberikan dukungan pada kreatornya,” terang Kim JunKoo.

Setelah lebih dari 12 tahun sejak peluncuran pertamanya di Korea, LINE Webtoon kini menjadi salah satu penyedia komik digital terbesar di dunia.

[teks & foto @uliafr]

SHARE