Istri dominan, yes or no?

0
731
Couple fighting

Sifat dominan terkadang menjadi suatu masalah penting dalam hubungan rumah tangga. Istri yang merasa lebih mengerti dalam hal rumah tangga serta terkesan memaksakan kehendaknya, dan tidak memberikan kesempatan pada suami memberikan pilihan.

Hal ini bisa membuat sang suami keenakan dan menjadi ketergantungan lho… Atau mungkin, suami yang ternyata dominan bisa meledakkan emosinya suatu waktu. Cosmoners nggak mau kan? Saat Life Balance di Happy Hour, Cosmopolitan Expert Rosdiana Setyaningrum, MPsi, MHPEd pun mengajak Anda untuk mengenali tipe dominan itu seperti apa!

1. Terlalu sering memaksa
Dominan sering ditandai oleh pasangan yang terlalu sering memaksa. Setiap kemauannya selalu ingin dituruti dan jika tidak dituruti, ia akan marah dan kecewa. Seperti hal kecilnya adalah permasalahan liburan. Istri yang dominan memaksa ke tempat berlibur yang dia inginkan dan menolak destinasi lainnya.

2. Mengepalai semua hal
Permasalahan ini biasa ditunjukkan ketika semua permasalahan yang ada dalam keluarga ditangani oleh dirinya sendri. Ia tidak berbagi permasalahannya dengan suaminya. Hal ini tidak baik, karena seharusnya permasalahan penting dalam keluarga dibicarakan agar menjadi komitmen bersama.

3. Mengatur semua hal
Suami tidak diberikan kesempatan untuk mengatur baik hal besar maupun hal kecil. Bahkan misalnya seperti menentukan warna gorden rumah pun dipilih atas dasar kemauannya sendiri. Hayoo Cosmoners seperti ini tidak?

Selain mengenali kriteria pasangan yang dominan, Diana juga memberikan dampak-dampak istri-istri dominan, antara lain membuat pasangan menjadi tidak mandiri bahkan membuat salah satunya ‘meledak.’

Diana pun memberikan dua triknya, “Agar pasangan tetap mandiri, sebaiknya hargai setiap pilihan pasangan dan selalu memberikan reward seperti pujian,” sarannya. Di samping itu, agar masalah tidak semakin rumit, Cosmoners juga perlu menggunakan komunikasi yang baik. “Komunikasi yang baik merupakan kunci dalam kesuksesan sebuah hubungan. Bicarakanlah lebih awal mengenai siapa yang mengatasi bagian ini dan itu,” tambah Diana.

Hal-hal penting yang harus menjadi dasar kompromi bersama dan keputusan bersama contohnya adalah pendidikan anak, investasi, atau bahkan destinasi liburan juga harus menjadi kompromi bersama.

101-inspiring-quotes-about-communication-40-638
www.slideshare.com

Jadi, ketahui batasan-batasan dalam hubungan yang merupakan ranah Cosmoners dan mana yang bukan. Karena, sesuatu yang berlebihan tentu tidak baik.

[teks Dessyana Kosasih | foto womansday.com]

Cosmopolitan

SHARE