7 Fakta menarik Paskibraka

0
877

Dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia, 90.4 Cosmopolitan FM berbagi fakta-fakta menarik mengenai sejarah dan tradisi yang erat hubungannya dengan perayaan 17 Agustus-an.

Nah, seperti Paskibraka ini lho. Ayo, apakah Anda pernah menjadi bagian paskibraka? Ternyata Paskibraka punya sejarah dan fakta-fakta unik yang patut Anda ketahui lho.

Berikut 7 fakta yang mungkin belum pernah Cosmoners ketahui. Yuk cek fakta-fakta mengenai Paskribaka, di sini!

  1. Paskibraka singkatan dari PASukan KIBar bendeRA PusaKa.
  2. Lambang Paskibraka adalah bunga teratai. Bunga ini memiliki arti setiap anggota paskibraka memiliki hati yang mulia.
  3. Paskibraka terdiri dari 17 pasukan pengiring, 8 pembawa bendera, dan 45 pasukan pengawal yang merupakan simbol dari tanggal 17 Agustus 1945 (17-08-45). Ayo Anda termasuk anggota yang mana, Cosmoners?
  4. Wah ternyata mantan Presiden Megawati Soekarno Putri pernah menjadi pembawa bendera pusaka pada 17 Agustus 1964 lho.
  5. Gagasan Paskribra lahir tahun 1946 saat memperingati HUT Kemerdekaan RI yang ke-1. Gagasan ini ternyata diberikan oleh Mayor (Laut) Husein Mutahar yang juga merupakan seorang pencipta lagu “Syukur” dan mars “Hari Merdeka” yang sering dilantunkan pada upacara 17 Agustus-an di Istana Negara.
  6. Dahulu nama paskibraka adalah Pasukan Pengerek Bendera Pusaka dan berubah pada tahun 1973 menajdi Pasukan Pengibar Bendera Pusaka.
  7. Mulai tanggal 17 Agustus 1968, Pasukan Pengibar Bendera Pusaka adalah para pemuda utusan provinsi.

Cosmoners, itulah fakta-fakta menarik mengenai Paskibraka. Ayo sudah ada yang ingat Anda merupakan bagian dari anggota paskibraka yang mana?

[teks Dessyna Kosasih | sumber berbagai sumber | foto 90.4 Cosmopolitan FM ]

Cosmopolitan

 

SHARE