5 Kesalahan yang biasa dilakukan saat menata rambut

0
802

Rambut merupakan mahkota wanita. Terkadang, bad hair day bisa mengubah mood seketika. Agar terhindar dari ‘bad hair day‘, Cosmoners tentu bisa meluruskan atau blow rambut.

Sayangnya, dua hal tersebut bisa menyebabkan kerusakan bahkan membuat rambut bercabang. Untuk menghindari hal tersebut, yuk perhatikan 5 kesalahan yang biasa dilakukan ini :

1. Lindungi rambut sebelum meluruskan rambut

the-file.com
the-file.com

Sebelum meluruskan rambut, sebaiknya lindungi dengan memakai vitamin dan serum. Pemakaian vitamin atau serum rambut berfungsi untuk memperkuat, menyuburkan rambut, serta melindungi rambut dari kerusakan.

 

 

2. Suhu pelurus rambut

www,pixabay.com
www,pixabay.com

Wah, ternyata pelurus rambut yang panas tidak berarti dapat mempercepat proses pencatokan rambut lho.

 

Faktanya ada aturan menggunakan suhu pelurus rambut. Suhu yang tinggi hanya boleh digunakan untuk rambut yang tebal atau kasar. Jadi, pilihlah suhu yang paling rendah atau menengah karena tidak akan membuat rambut anda menjadi kering. Selain itu, cobalah untuk tidak mencatok satu bagian terlalu lama.

3. Waktu efektif blow rambut

www.oprah.com
www.oprah.com

Semakin lama blow rambut, maka rambut akan mudah rusak. Untuk mengurangi hal tersebut, ternyata ada triknya nih, sebaiknya, hindari mengeringkan rambut saat masih basah, karena ini dapat menyebabkan rambut rontok dan rapuh. Sedangkan, bila mengeringkan rambut saat kering, ini tentu bisa menyebabkan hilangnya kelembaban dalam rambut.

Solusinya, tunggulah ketika rambut Anda sedang tiga per empat kering. Barulah Anda bisa mengeringkan rambut dan mendapati gaya rambut yang Cosmoners inginkan.

4. Arah blow rambut yang tepat

www.scoopwhoop.com
www.scoopwhoop.com

Masih bingung mengapa blow salon lebih indah dibandingkan ketika Anda blow sendiri di rumah?

 

Ternyata hal itu disebabkan oleh arah blow rambut yang salah. Saat proses blow, sebaiknya tahan rambut dan masukan ke arah bawah agar rambut tampak lurus, dan tidak kusut.

5. Stop gunakan hair spray sebelum menata rambut
Penggunaan hair spray sebelum mencatok rambut akan membuat rambut menjadi kaku. Perpaduan zat alkohol yang terdapat pada hair spray dan panasnya pelurus rambut akan membuat kerusakan pada rambut.

www.mappleholistics.com
www.mappleholistics.com

Nah, jadi selain mengatasi ‘bad hair day’ dengan meluruskan atau blow rambut, Cosmoners bisa kok mengatasinya dengan pemakaian bahan-bahan alami. Karena, meluruskan dan blow rambut terlalu sering dapat menyebabkan kerusakan pada rambut.

[teks Dessyana Kosasih / sumber PopSugar.com | foto www.thesun.co.uk]

Cosmopolitan

 

SHARE