7 Fakta di balik Proklamasi

0
746

Proklamasi menjadi momen terbesar dan berharga sepanjang sejarah Indonesia. Tentu Cosmoners sudah mengingat bunyi teks Proklamasti di luar kepala ya?

Sebenarnya ada fakta-fakta menegangkan apa saja sih yang terjadi di balik pembacaan teks Proklamasi? Yuk kembali mengingatnya di sini!

1. Penanggalan dalam Teks Proklamasi.
Dalam tulisan asli teks proklamasi tertera tanggal, Djakarta 17-8-’05 bukan tahun 1945. Hal ini ternyata berkaitan dengan penanggalan yang dipergunakan Indonesia saat diduduki Jepang.

Inilah bentuk naskah asli Proklamasi | Sumber: Wikipedia.com
Inilah bentuk naskah asli Proklamasi | Sumber: Wikipedia.com

2. Naskah Asli
Naskah asli teks Proklamasi yang ditulis tangan oleh Soekarno sempat ditemukan berada di tempat sampah rumah Laksamana Muda Maeda. Untungnya BM Diah, putra asal Aceh, menemukannya.

Sekarang, Cosmoners dapat menemukan naskah asli teks Proklamasi di Museum Arsip Nasional. Anda sudah pernah melihatnya?

3. Melindungi Naskah Proklamasi
Tahun 1948 Soejati Surowidjojo melindungi naskah proklamasi dari bahaya Belanda selama belasan tahun. Kemudian, ia pun mengembalikannya ke Pemerintahan Republik Indonesia pada tahun 1960.

4. Andil Nazi
Ternyata Nazi ikut andil dalam pembuatan teks proklamasi Indonesia. Karena mesin ketik yang digunakan Sayuti Melik berasal dari pinjaman kantor perwakilan AL Jerman, milik Mayor (laut) DR. Hermann Kandeler.

5. Pengubahan Teks Proklamasi
Sayuti Melik mengubah kalimat dalam proses pengetikan teks proklamasi “Wakil-wakil bangsa Indonesia” menjadi “Atas nama bangsa Indonesia.”

6. Dokumentasi Pembacaan Teks Proklamasi

Dokumentasi foto Proklamasi dilakukan oleh Mendur bersaudara.
Dokumentasi foto Proklamasi dilakukan oleh Mendur bersaudara. | Sumber: Kompas

Foto Soekarno saat membacakan naskah teks proklamasi ternyata diambil secara diam-diam oleh Mendur bersaudara, yakni Frans Sumarto Mendur dan Alexius Impurung Mendur.

 

7. Suara Teks Proklamasi
Suara pembacaan naskah Proklamasi yang biasa didengar saat ini faktanya bukanlah suara yang direkam tepat pada tanggal 17 Agustus 1945. Suara ini direkam kembali oleh Soekarno pada tahun 1951 di Studio Radio Republik Indonesia (RRI).

Nah, itulah 7 fakta-fakta menarik yang terjadi di balik pembacaan teks Proklamasi. Yuk kenalkan pada Si Kecil mengenai fakta-fakta ini! Anda pun bisa mengajaknya ke Museum Perumusan Naskah Proklamasi

[teks Dessyana Kosasih | sumber berbagai sumber | foto dok. Cosmopolitan FM]

Cosmopolitan

SHARE