Cara meningkatkan produksi ASI

0
694

Di acara Breakfast Club bersama Novita Angie, Lembu Wiworo Jati dan dr. Eva Maria Christine, SpGK membahas mengenai bagaimana tips agar produksi ASI (Air Susu Ibu) berjalan lancar.

Tingkat produksi ASI memang berbeda-beda. Produksi ASI yang sedikit seringkali terjadi dan menyebabkan sang ibu cemas dan khawatir.
Nah agar produksi ASI dan proses menyusui lancar, ini dia tipsnya:

#1 Jangan melakukan diet ketat
Pada dasarnya, ibu yang menyusui berat badannya akan berkurang dengan sendirinya. Jadi, Cosmoners tidak perlu melakukan diet ketat pasca melahirkan untuk mendapatkan berat tubuh ideal.

#2 Perhatikan kebutuhan kalori
Selain jangan diet, ibu hamil juga tidak disarankan untuk mengonsumsi kalori yang berlebihan. Ibu menyusui membutuhkan 600-700 kilo kalori per hari saat memproduksi ASI. Tak hanya itu, ibu menyusui juga membutuhkan 60-65% karbohidrat kompleks dan 15-20% protein untuk meningkatkan produksi ASI. Ada pun makanan yang perlu dihindari, antara lain adalah makanan yang berlemak. Kadar lemak yang dikonsumsi, tidak lebih dari 25%.

#3 Banyak minum air putih
Ibu menyusui membutuhkan 1,3 liter perhari atau 13 gelas per hari. Ibu menyusui terkadang salah mengartikan antara lapar dan haus. dr. Eva mengungkapkan, ibu menyusui sebenarnya lebih sering merasakan haus dibandingkan lapar. Air yang paling dibutuhkan adalah air putih ya Cosmoners bukan yang lain.

#4 Makan makanan yang bervariasi
Mengonsumsi makanan yang bervariasi sangat penting supaya anak tidak tumbuh sebagai anak ‘picky eater’ karena sudah merasakan banyak rasa saat menyusui.

#5 Merangsang bayi agar menyusui
Jangan lelah untuk merangsang bayi agar mau menyusui. Karena, ternyata produksi ASI seperti pabrik yang semakin banyak permintaan akan semakin banyak pula produksinya. Jika ASI tidak dikeluarkan maka akan terjadi pembengkakan.

#6 Makanlah sesuai jadwal
Makanlah 6 kali sehari, yaitu 3 kali makan besar dan 3 kali makan snack. Makanan ringan yang dianjurkan antara lain, adalah buah-buahan dan sayuran. 3-5 porsi buah dan sayur sangat bagus untuk kualitas ASI karena dapat memnuhi kebutuhan cairan dari sang ibu.

#7 Minum susu 3 gelas sehari
Susu mengandung zat-zat penting, seperti kalsium, asam folat, dan vitamin B yang tinggi untuk ibu menyusui. Kurang mengonsumsi susu dapat membuat ibu kekurangan zat-zat tersebut. Untuk kebutuhan zat-zat tersebut, maka Si Kecil akan mengambil zat tersebut dari tulang sang ibu. Hal ini dapat menyebabkan pengeroposan tulang bahkan osteoporosis dini.

Obatherbalmultikhasiat.com
Obatherbalmultikhasiat.com

Selain tips-tips di atas, ada juga lho makanan yang bisa membantu ASI agar dapat diproduksi secara maksimal. Seperti daun katuk, kacang-kacangan (terutama almond dan mede), ubi jalar, dan kemangi. Karena mengandung zat laktagogum yang mengandung senyawa gizi yang bisa meningkatkan produksi ASI.

Jika sang ibu memiliki gizi yang baik maka akan berdampak baik pula pada bayi yang akan mendapatkan gizi yang baik dan sehat.

Nah, semoga tips kali ini berguna untuk Cosmoners yang sedang menyusui dan tidak khawatir lagi ya…

[teks Dessyana Kosasih | foto sehatpost.com]

Cosmopolitan

SHARE