7 Fakta menarik tentang Bendera Merah Putih

0
603

Cosmoners, bendera merah putih menjadi saksi bisu perjuangan para pahlawan Indonesia. Tidak hanya pahlawan terdahulu, pahlawan Indonesia di era modern juga kerap mengibarkan merah putih di luar negeri.

Lalu apa saja fakta tersembunyi di balik bendera merah putih? Intip 7 fakta berikut ini yuk!

1. Nama Bendera Merah Putih
Bendara merah putih ternyata memiliki tiga nama dengan arti dan penggunaan yang berbeda, yakni ‘Bendera Pusaka Sang Saka Merah Putih’ , ‘Sang Merah Putih/ Sang Dwiwarna’, dan ‘Merah Putih’

2. Asal warna Bendera Merah Putih
Warna dari bendera merah putih terinspirasi dari warna Kerajaan Majapahit.

3. Undang-undang khusus
Terdapat undang-undang khusus untuk mengatur pembuatan dan pengibaran bendera merah putih, yaitu Undang-undang Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2009.

4. Arti bendera Merah Putih
Makna filosofis bendera merah putih adalah merah yang berarti keberanian, putih yang berarti kesucian. Merah juga melambangkan raga manusia, sedangkan putih melambangkan jiwa manusia.

5. Pengibaran bendera Merah Putih
Bendera merah putih wajib dikibarkan pada setiap peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia.

6. Kain dari Jepang
Fatmawati menjahit bendera merah putih dari kain hasil pemberian Jepang. Dilansir dari laman Historia.id yang mengutip buku Catatan Kecil Bersama Bung Karno, Volume 1, yang terbit tahun 1978, Fatmawati mengungkapkan perwira Jepang membawa kain dua blok berwarna merah dan putih. Kemungkinan kain itu berasal dari kantor Jawa Hokokai.

7. Penggunaan Bendera Merah Putih
Bendera merah putih juga biasa digunakan sebagai penutup peti jenazah orang-orang penting seperti Presiden, Wakil Presiden, mantan Presiden, dan mantan Wakil presiden, serta pejabat penting lainnya.

Itulah fakta-fakta mengenai sang saka Merah Putih, Cosmoners. Mau tahu info tentang hal kemerdekaan lainnya? Yuk cek terus laman 90.4 Cosmopolitan FM!

[teks Dessyana Kosasih | sumber berbagai sumber | foto dok. 90.4 Cosmopolitan FM]

Cosmopolitan

SHARE