Pentingnya nutrisi yang cukup untuk lahirkan bayi yang sehat

0
608

Kehamilan yang sehat tentu membutuhkan banyak nutrisi. Namun ternyata, banyak lho yang belum memahami pentingnya nutrisi saat kehamilan.

Cosmoners tahu gak sih, dengan memenuhi nutrisi selama kehamilan akan membuka kesempatan yang lebih besar untuk melahirkan bayi yang sehat.

via GIPHY

Untungnya, wanita di Indonesia lebih mengenal nutrisi penting ketika hamil dibandingkan dengan wanita di Malaysia dan Singapura. Survei ini dilakukan oleh produsen susu terkemuka ‘Anmum’ kepada lebih dari 1.600 wanita di Indonesia, Malaysia, dan Singapura.

Kekurangan nutrisi saat hamil bisa menyebabkan melahirkan bayi dengan Neutral Tube Defects (NTDs). Yakni kondisi bayi yang memiliki kelainan pada tulang, tengkorak, dan otak anak di dalam janin. Tidak mau kan, Cosmoners?

Oleh karena itu, folat sangat penting bagi ibu hamil. Folat bermanfaat untuk mengurangi resiko cacat lahir yang dapat berakibat pada perkembangan otak bayi dan memperkecil risiko bayi terkena NTDs.

Selain folat, vitamin B12 dan B6 juga sangat penting dalam kehamilan. Vitamin B12 memiliki fungsi yang sama dengan folat. Sedangkan B6 berfungsi untuk membantu mengurangi gejala morning sickness. Namun lagi-lagi, hanya 39 persen wanita Indonesia memahami hal tersebut dan tetap lebih unggul dibandingkan dengan wanita Singapura dan Malaysia.

Secara keseluruhan, banyak wanita yang masih belum menyadari manfaat dari nutrisi penting beserta perannya dalam mendukung kehamilan yang sehat. Rebecca Cannan selaku Health and Nutrition lead dari Anmum maternal & Paediatrics mengungkapkan, “Padahal susu yang telah difortifikasi memberikan kemudahan dan praktis bagi para ibu untuk mengonsumsi folat, vitamin B12, B6 dan D dalam jumlah yang cukup. Susu yang telah difortifikasi juga menyediakan nutrisi yang tidak selalu ada di setiap tablet suplemen, seperti protein susu berkualitas tinggi, GA, asam sialic, probiotik dan prebiotik,” ujar Rebecca.

[teks Dessyana Kosasih | sumber Cognito Communications Counsellors | foto pixabay.com]

Cosmopolitan

SHARE