7 Fakta detik-detik Kemerdekaan Republik Indonesia

0
805

Ingin mengakui sebagai negara merdeka, ternyata para Proklamator Indonesia sempat mengalami masa-masa menegangkan sebelum Proklamasi terjadi.

Inilah 7 fakta situasi detik-detik kemerdekaan yang perlu Anda ketahui!

1. Pengusulan naskah Proklamasi
Chaerul Saleh adalah orang pertama yang mengusulkan naskah teks proklamasi ditandatangani oleh Soekarno dan Bung Hatta atas nama bangsa Indonesia

2. Kediaman Laksamana Maeda
Rumah Laksamana Maeda di Jalan Iman Bonjol No 1, Menteng seakan menjadi saksi bisu pembuatan naskah Proklamasi pada dini hari. Kini rumah tersebut dijadikan museum, yakni Museum Perumusan Naskah Proklamasi.

3. Bukan hanya Soekarno-Hatta
Faktanya, bukan hanya Soekarno dan Hatta saja yang menjadi proklamator. Sebab, ada tokoh-tokoh lain seperti Achmad Soebardjo, Sajuti Melik, dan Soekarni yang menyusun naskah tersebut.

4. Gerakan ‘bawah tanah’
Informasi mengenai Jepang menyerah kepada sekutu diketahui pertama oleh Syahrir dan kawan-kawan yang bekerja di ‘bawah tanah’, dan disebarkan secara diam-diam.

5. Penculikan Soekarno-Hatta
Terjadi perdebatan antara Wikana dan Soekarno yang akhirnya membuat para pemuda memutuskan untuk menculik Soekarno dan Bung Hatta ke Rengasdengklok. Selain membawa Soekarno ke Rengasdengklok, para pemuda juga membawa Fatmawati serta Guntur yang masih berusia 9 bulan.

6. Alasan mistis
Soekarno memiliki alasan mistis mengapa ia memilih tanggal 17 Agustus untuk memproklamirkan kemerdekaan Indonesia. Dalam buku “Samudera Merah Putih: 19 September 1945”, Jilid 1 (1984) karya Lasmidjah Hardi, Bung Karno pernah mengungkapkan bahwa 17 merupakan angka yang melambangkan kesucian.

7. Sederhana namun bermakna
Upacara Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia berlangsung pada bulan Ramadhan dan dilaksanakan secara sederhana. Tiang benderanya pun hanya terbuat dari batang bambu kasar, serta ditanam hanya beberapa menit menjelang upacara.

[teks Dessyana Kosasih | sumber berbagai sumber| foto dok. 90.4 Cosmopolitan FM]

Cosmopolitan

SHARE