Cosmopolitan Career: How to be a human being?

0
635

Human doing VS Human being, pilih yang mana?

Di dalam acara Cosmopolitan Career bersama Novita Angie, Lembu Wiworo Jati dan Alexander Sriewijono di Breakfast Club, Cosmopolitan Expert Alexander Sriewijono membahas mengenai dua tipe pekerja, yaitu “human doing” dan “human being”.

Human doing merupakan tipe pekerja yang melakukan pekerjaannya hanya sebagai rutinitas. Sebaliknya, Human being adalah pekerja yang mengerjakan pekerjaannya dari hati. Tentu berbeda bukan?

Alex pun mengajak Cosmoners untuk membayangkan rutinitas sehari-harinya seperti makan, minum, tidur, berpakaian, dan seterusnya. Pernah atau tidak sih Cosmoners merasa bosan akan rutinitas tersebut?

Nah, rutinitas sehari-hari tersebut bisa lho dilakukan dengan hati. Contohnya ketika Anda makan. Perhatikanlah makanan yang dimakan, bagaimana rasanya, dan dinikmati setiap detilnya. Karena, orang yang makannya lama akan lebih cepat kenyang dan gizi yang didapat diperoleh dengan lebih sempurna.

Sama halnya dengan pekerjaan. Memang biasanya orang yang bekerja sesuai dengan passion bisa lebih ‘all out‘ melakukan pekerjaannya. Lalu bagimana dengan yang bekerja tidak sesuai dengan passion? Sebaiknya, coba pikirkan detail dari rutinitas apa yang paling Cosmoners suka? Mulailah menikmatinya dari hal kecil yang disukai tersebut. Namun, juga bisa kok berkembang di tempat yang tidak sesuai dengan passion Anda.

“Stay to be a human being,” begitulah kata kunci agar tetap menjadi human being. Ia mengungkapkan, “Menjalankan tugas atau menjalankan peran, completing task atau delivering task, dan answering atau questioning merupakan hal yang sangat berbeda,” begitulah kata Alexander Sriewijono.

As a human being, Cosmoners harus bisa memberikan pertanyaan untuk memastikan dan menjalankan tugas lebih baik. Dengan menjalankan rutinitas dengan hati, Anda akan mendapatkan hasil yang lebih baik.

Alex pun menyarankan supaya Anda tidak pernah menyalahartikan passion sebagai cita-cita. Karena, passion bisa didapatkan seiring berjalannya waktu. Misalnya saat Anda menjalankan tugas yang menurut Cosmoners tidak sesuai ‘passion’, namun seiring berjalannya waktu Anda bisa mendapatkan passion yang baru.

Jadi, jangan mudah menyerah ya, Cosmoners! Semoga Anda selalu bisa mengoptimalkan kesempatan yang ada. Nah, ingin tahu serunya obrolan Novita Angie dan Lembu Wiworo Jati bersama Alexander Sriewijono, yuk saksikan videonya di sini!

[teks Dessyana Kosasih | foto Pixabay.com]

Cosmopolitan

SHARE