Jam pulang kerja tentukan masa depan karier?

0
1191

Cosmoners sadar tidak sih, apa yang dilakukan sepulang kerja dapat menentukan karier di masa mendatang?

Saat Breakfast Club, Career Expert Alex Sriewijono dari Daily Meaning membahas mengenai topik “After Work Is Actually Determines Your Future” dalam Cosmopolitan Career bersama  Novita Angie, dan Lembu Wiworo Jati.

Selang waktu antara kantor dan sebelum tidur ternyata memiliki dampak yang cukup signifikan untuk karier dan kelangsungan masa depan. Dalam keseharian di kantor, Anda dituntut untuk mengerjakan pekerjaan seperti yang ada dalam agenda. Namun, bagaimana dengan meluangkan waktu untuk hal yang tidak sesuai agenda? Apakah sudah mendapatkan poin plus dan pengetahuan tambahan di luar jam kerja? Cosmoners coba deh luangkan waktu! Ternyata hal itu penting banget lho

Memanfaatkan waktu di luar jam kerja itu sangatlah penting. Bahkan, tidur merupakan hal yang penting lhoCosmoners. Tidur akan menambah stamina ketika bekerja esok hari, sehingga kerja bisa lebih fokus dan maksimal. Terpenuhinya kebutuhan pokok dengan baik, maka hidup akan menjadi lebih stabil.

Selain itu, networking juga penting lho. Networking tidak harus dengan tatap muka. Karena, bisa dilakukan dalam group chatting, dan sebagainya. Networking bisa juga dilakukan saat pergi ke kondangan atau acara lainnya dengan berbincang-bincang dengan teman lama atau teman baru. Di zaman serba digital ini, semua bisa didapatkan dengan mudah seperti membaca novel di e-book atau artikel di flipboard. Jadi bisa tetap up to date dengan minim effort.

Dalam menjalin relasi di waktu senggang, akan ada seleksi alam dengan sendirinya. Dalam artian adalah, ada teman yang memang cocok untuk menjadi relasi bisnis atau hanya menjadi teman bahkan keluarga. Nah untuk itulah, Cosmoners mencoba strategi yang lebih baik untuk mendapatkan umpan yang berguna di masa mendatang.

“Empat kali bilang males, kali kelima ayo kali ini dipaksain,” itulah yang biasa diterapkan oleh Alex Sriewijono. Alex mengatakan, biasanya hal yang dipaksakan ini dia bisa mendapatkan hal yang tidak diduga dan menyenangkan. Jadi, memaksakan sesuatu itu kadang penting.

Nah, namun ada juga hal-hal yang perlu dihindari saat di luar jam kerja, yaitu memaksakan sesuatu hingga drained energy. Setiap manusia memiliki keterbatasannya masing-masing. Hal yang dilakukan dengan keterpaksaan tanpa ketulusan itu melelahkan. Yang kedua adalah jangan pernah membedakan office hour dan after hour. Karena, komunikasi bisa tetap dijalankan saat office hour atau after office hour. Kedua hal tersebut berlaku untuk keluarga ataupun tim kerja.

Selain itu, Anda juga perlu menghindari sesuatu “Yang dibaca tidak pernah tidak ada gunanya.” Jadi, sebaiknya bacalah hal-hal yang berguna untuk Anda. Mungkin bukan sekarang, ada saatnya nanti pasti akan berguna…

Ingin mengetahui tips lengkap dari Alexander Sriewijono? Yuk lihat selengkapnya dalam video berikut!

[teks Dessyana Kosasih | foto pixabay.com]

Cosmopolitan

SHARE