Yuk, kenali minat dan bakat anak sekarang

0
1712

Setiap anak memiliki kemampuan yang berbeda-beda. Nah, sebagai orangtua Cosmoners perlu mengenal minat dan bakat anak sedari dini.

Saat talk show Life Balance di Happy Hour, Cosmopolitan Expert Rosdiana Setyaningrum, MPsi, MHPEd menjelaskan mengenai minat dan bakat anak. Nyatanya, minat dan bakat anak dapat diketahui ketika personaliti dari anak tersebut terbentuk. Tepatnya pada usia 13 atau 14 tahun yaitu kisaran kelas 8 atau kelas 9.

Namun ternyata, Cosmoners juga bisa lho mengasah bakat dan minat anak sedari TK. Karena, anak belum bersekolah dalam waktu yang panjang. Jadi, akan lebih efektif untuk mengeksplorasi minat dan bakat anak ke banyak hal.

Cosmoners tau nggak sih, minat dan bakat adalah dua hal yang berbeda. Anak yang meminati sesuatu belum tentu berbakat. Bakat akan lebih mudah diasah daripada minat yang bisa dipengaruhi oleh lingkungan. Seperti apa yang sedang trend saat ini, membuat sang anak minat dalam hal tersebut misalnya menari ballet.

Tetapi jangan khawatir, dengan minat yang tinggi, sang anak juga pasti bisa kok. Namun, hanya lebih sulit jika dibandingkan dengan anak yang berbakat. Karena kegigihan adalah hal yang terpenting.

Bakat bisa menjadi terpendam jika tidak dieksplore dengan baik. Jadi, bakat harus benar-benr digali dan butuh pemicu serta motivator agar bakat anak bisa dikenali.

Lalu bagaimana caranya mengetahui minat dan bakat anak secara tepat?

1. Temukan orang yang tepat.
Menemukan guru atau pelatih yang tepat dan tanyakan apakah si anak berbakat atau tidak. Karena, tak apa tidak berbakat karena anak juga bisa mendapatkan kesenangan dan pengalaman dari kegiatan tersebut. Tidak ada yang sia-sia kok Cosmoners.

2. Kenalkan anak ke banyak hal.
Seperti mengenalkan anak dengan cara pergi ke museum-museum, science center, atau menonton tarian-tarian, musik, dsb. Hal tersebut membutuhkan banyak waktu dan kesabaran dari orangtua.

3. Ikut tes kepribadian
Selain membawa Si Kecil pada guru atau pelatih dan mengenalkan anak ke banyak hal, Cosmoners juga bisa mengetahui bakat Si Kecil dari tes kepribadian. Di sana Si Kecil bisa mengikuti tes kepribadian saat personality anak sudah terbentuk.

Nah, sekarang sudah tahu kan apa yang harus Anda lakukan pada Si Kecil untuk mengetahui bakat terpendamnya? Ya, tunggu apa lagi, Cosmoners?

[teks Dessyana Kosasih | foto pixabay.com]

Cosmopolitan

SHARE