Mengenal Bata dan Global CEO barunya, Alexis Nasard

0
1948
Alexis Nasard

Sepatu Bata telah lama dikenal masyarakat Indonesia. Namanya dapat diartikan sebagai ‘salah satu bahan bangunan [bata]’ atau bisa dianalogikan ‘kuat dan kokoh’. Hingga tertanam dalam benak sebagian masyarakat Tanah Air, bahwa Bata adalah merek asli Indonesia.

Padahal, Bata merupakan brand asing, nama ‘Bata’ diambil dari pendirinya, Tomas Bata asal Republik Ceko.

Bata bisa menjadi seperti produksi lokal, karena memang Bata merespon kebutuhan unik dan keinginan pelanggan lokal. Bata lebih memilih untuk membuat sepatu sehari-hari yang terjangkau, tak seperti kebanyakan brand Eropa lain, yang menerapkan high quality, high price shoes.

Sedangkan Bata sendiri didirikan pada tahun 1894 di Zlin, Austria-Hongaria. Bermarkas besar di Lausanne, Swiss, kini memiliki lebih dari 30 ribu karyawan, 24 fasilitas produksi, 5 ribu toko ritel internasional, dan kehadiran di lebih 70 negara.

Varian dari brand Bata:
Bata, Bata Comfit, Ambassador, North Star, Weinbrenner, Marie Claire, SunDrops, Bubblegummers, Baby Bubbles, Safari, Power, Patapata, Toughees, Verlon, Teener, B-First, Footing, Bata Industrials, SPARX, dan B.First.

Dan, pada Selasa malam kemarin [30/8] di SKYE Bar & Restaurant, Jakarta, Bata memperkenalkan Global CEO barunya, Alexis Nasard. Beliau telah bergabung sejak 4 April 2016.

Alexis Nasard telah memiliki pengalaman selama 24 tahun di bidang consumer goods. 6 tahun menggawangi brand Heineken, dan terakhir menjadi presiden yang mengelola bisnis senilai USD 8 miliar di Eropa Barat, serta menjabat sebagai Global Chief Marketing Officer untuk brand global, dan lokal yang luas.

Pengalamannya yang paling lama adalah, 17 tahun di global Procter & Gamble. Ia memegang berbagai macam peran dalam hal manajemen termasuk mendefinisikan strategi untuk produk baru dan menjualnya melalui beberapa saluran ritel baik di pasar maju dan berkembang.

Dari sisi pendidikan, Alexis Nasard telah memiliki gelar MBA dari University of California Berkeley, dan Master jurusan Teknik dari Joseph University, St. Beirut.

“Saya sangat gembira mendapat kesempatan untuk bergabung dengan Bata. Dengan harapan, keterlibatan saya nanti dapat lebih mengembangkan perusahaan dan brand, khususnya brand legendaris Bata, serta membangun aset perusahaan yang kuat dan global,” jelas Alexis Nasard.

[teks @bartno | foto Bata.com]

SHARE