Hari ini tepat 68 tahun Polwan melindungi masyarakat

0
6902

Polwan atau Polisi Wanita adalah bagian yang tak terpisahkan dari sistem keamanan Indonesia. Tak hanya mengerjakan tugas administratif, Polwan juga memegang peranan penting dalam kehidupan masyarakat. Khususnya dalam menangani kasus kejahatan yang melibatkan kaum wanita baik korban maupun pelaku kejahatan.

Tepatnya pada 1 September 1948, terpilih 6 Polwan angkatan pertama. Dan seiring dengan meningkatnya minat masyarakat akan profesi ini, kini tercatat 1.874 Polwan di Indonesia.

Dan di hari ini, di hari ulang tahun ke-68 Korps Polisi Wanita, masyarakat turut mengapresiasi kinerja Polwan dengan membagikan bunga. Sejalan dengan kampanye “Berani Matahari” yang diselenggarakan Loreal Indonesia, sebagai wujud apresiasi terhadap Polwan yang kerap terpapar sinar matahari saat bertugas.

Bunga matahari dibagikan kepada para Polwan yang tersebar di tiga lokasi, yakni kawasan sekitar Markas Besar Kepolisian Republik Indonesia (Mabes Polri), area Monumen Nasional (Monas), dan Bundaran HI.

“Setiap profesi memiliki tingkat kesulitan yang berbeda, begitu pula dengan profesi Polwan. Polwan adalah bagian yang tak terpisahkan dari sistem keamanan di Indonesia. Nyatanya, tugas Polwan tidak hanya mengerjakan pekerjaan administratif saja, tetapi juga ada Polwan yang bertugas di lapangan,” ujar Perwira Koordinator Polwan Polda Metro Jaya, Ajun Komisaris Besar Polisi Djublina M. Ratu, dalam acara Loreal Indonesia Mengajak Masyarakat Merayakan Hari Polwan Melalui Kampanye ‘Berani Matahari’, di Bundaran HI, Jakarta [1/9].

“Senang rasanya Polwan di hari ulang tahunnya yang ke-68 mendapatkan apresiasi seperti ini. Mungkin banyak yang belum mengetahui bahwa perjalanan saya hingga saat ini sebagai Polwan tidaklah mudah. Saya sebagai pelindung masyarakat menjadi semakin termotivasi untuk memberikan yang terbaik,” jelas Suci Amalia, Anggota Sumber Daya Manusia (SDM) Polresta Depok dalam acara yang sama.

[teks & foto @uliafr]

SHARE