Sajian Tongseng dari 3 legendaris untuk menu Idul Adha

0
15581

Kemeriahan momen Idul Adha sangat identik dengan menyantap menu berbahan daging. Tongseng adalah satu satu warisan kuliner Indonesia yang pas untuk disajikan saat hari raya kurban, selain menu sate, gulai, ataupun sop.

Selain digemari oleh seluruh anggota keluarga karena rasanya yang gurih nan nikmat, tongseng ternyata memiliki kisah panjang yang mencerminkan kekayaan sejarah kuliner Nusantara.

Awal mula keberadaannya bahkan bisa ditelusuri dari mulai abad 18-19 masehi saat bangsa Arab dan India mulai datang ke Indonesia. Mereka memberikan pengaruh budaya kuliner dengan memperkenalkan ragam hidangan kambing dan domba.

Berabad kemudian, di daerah Jawa tengah, Jawa Timur dan Jogja, bermunculan beberapa daerah yang banyak dihuni oleh keturunan Arab dan India, yang kemudian dikenal sebagai daerah penghasil kambing yang baik. Warga lokal akhirnya mulai mengolah berbagai hidangan kambing.

Kreasi pertama yang dikenal adalah sate kambing. Karena sate biasanya hanya menggunakan daging atau hati, sisanya yaitu jeroan dan tulang kemudian diolah lagi menggunakan bumbu rempah dan santan, menghasilkan hidangan bernama gule/gulai kambing.

Kemudian masyarakat di Selatan Jawa mulai meracik menu baru, terciptalah sebuah hidangan yang dibuat dengan cara mengoseng daging kambing bersama kecap, aneka bumbu iris, dan memasaknya dengan kuah gulai. Untuk menambah tekstur dan kesegaran, diberi irisan tomat dan kubis. Hidangan ini kemudian dikenal dengan nama Tongseng.

Alya Rohali, sosok selebriti yang selalu berupaya untuk memanjakan keluarganya dengan masakannya, terutama pada momen-momen istimewa seperti Idul Adha, berbagi pengalamannya dalam mengolah Tongseng, “Salah satu alasan saya memilih untuk mengolah Tongseng adalah karena saat Idul Adha biasanya bagian daging kambing kurban yang saya dapatkan sangat beragam.

Tongseng menjadi pilihan yang tepat karena hidangan ini sangat fleksibel, isiannya dapat menggunakan berbagai bagian kambing, dari mulai daging, jeroan, tulang, buntut, dan lainnya,” katanya dalam acara Bango Dorong Pelestarian Warisan Kuliner Nusantara dengan Sajian Tongseng di Idul Adha, restoran Oasis, Jakarta di pekan terakhir Agustus kemarin.

Nah, agar G-readers lebih mudah dan tambah semangat dalam memasak Tongseng, ikuti saja resep rahasia dari 3 legenda kuliner tongseng berikut ini!

Tongseng Pondok Sate Kambing Muda Pejompongan, klik halaman 2.

1
2
3
4
SHARE